Unsur Pembangun Novel, Pengertian dan Penjelasannya

Icon CameraBertold Ananda
Jumat 17 Maret 2023 14:24 WIB
Unsur Pembangun Novel, Pengertian dan Penjelasannya
Unsur pembangun novel terdiri dari unsur intrinsik dan ekstrinsik. (Foto: Pexels)

JAKARTA, celebrities.id - Unsur pembangun novel pada dasarnya perlu kamu pahami agar dapat menghasilkan suatu karya tulis yang menarik dan terstruktur. 

Novel adalah karya fiksi yang mengandung rangkaian cerita panjang. Cerita dalam novel terdiri dari serangkaian peristiwa yang dialami seseorang atau sekelompok dengan latar tertentu. 

Setidaknya ada dua unsur pembangun dalam novel, yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik. Lalu, apa saja unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam novel? 

Berikut celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (17/3/2023) terkait unsur pembangun novel

Unsur Pembangun Novel

1. Unsur Intrinsik Novel 

Unsur intrinsik merupakan sebuah bahan atau rangkaian yang tersusun dengan tujuan untuk membangun karya sastra itu sendiri. Umumnya, unsur intrinsik tersebut dilakukan untuk membuat cerita demi cerita sehingga menjadi karya sastra yang terwujud. 

Melansir buku “Bahasa Indonesia 3 SMA Kelas XII Karya Ahmad Aibli dkk” (2008, Hal 60) menjelaskan ada berbagai unsur intrinsik dalam penulisan novel. 

a. Tema 

Unsur pertama yang harus ada dalam penulisan novel adalah tema. Sebab tema merupakan permasalahan utama yang dibahas dalam cerita dan berpengaruh terhadap semua unsur cerita 

b. Amanat 

Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis kepada para pembaca. Umumnya amanat bisa disampaikan baik secara eksplisit maupun implisit. 

c. Penokohan 

Unsur ketiga adalah penokohan yang meliputi menentukan tokoh utama, nama tokoh, watak tokohnya dalam suatu penulisan novel.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.