6 Upaya Negara Menciptakan Keunggulan Ekonomi, Salah Satunya Meningkatkan Kualitas SDM

Icon CameraIqbal Widiarko
Jumat 25 November 2022 12:08 WIB
6 Upaya Negara Menciptakan Keunggulan Ekonomi, Salah Satunya Meningkatkan Kualitas SDM
Berbagai negara berupaya menciptakan keunggulan ekonomi. (Foto: Pixabay/GerdAltmann)

JAKARTA, celebrities.id - Upaya negara menciptakan keunggulan ekonomi dapat menambah wawasan kita terkait dengan berbagai macam tindakan ekonomi yang perlu didukung demi kebermanfaatan bersama. 

Keunggulan ekonomi merupakan posisi atau kemampuan yang memungkinkan mengungguli pasar tertentu. Keunggulan ekonomi terjadi karena adanya pertumbuhan ekonomi negara termasuk pasokan barang publik. 

Ketika ekonomi tumbuh, negara dapat mengenakan pajak atas pendapatan tersebut dan memperoleh kapasitas dan sumber daya yang dibutuhkan untuk menyediakan barang dan jasa publik yang dibutuhkan warganya, seperti layanan kesehatan, pendidikan, perlindungan sosial dan fasilitas umum lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (25/11/2022), celebrities.id telah merangkum upaya negara menciptakan keunggulan ekonomi, seperti berikut.

Upaya Negara Menciptakan Keunggulan Ekonomi

Inilah beberapa upaya negara menciptakan keunggulan ekonomi yang dapat kamu simak, seperti yang dikutip dari Modul Pembelajaran Ekonomi SMA Kelas XI (2020) oleh Sri Nur Mulyati.

1. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Upaya negara menciptakan keunggulan ekonomi harus dimulai dari meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Saat bersaing di pasar internasional, maka SDM juga perlu ikut ditingkatkan supaya tidak kalah dari berbagai kompetitor.

Upaya untuk meningkat kualitas SDM untuk menjadi lebih baik juga menjadi sebuah faktor pendorong dalam perdagangan Internasional, sehingga penduduk lokal bisa berkompetisi dengan layak dan fair.

 

1
/
3