Update Kesehatan Qomar 4 Sekawan usai Operasi Kanker, Masih Diinfus dan Jalani Kemoterapi

Laras Dwi Sasmita
Kamis 14 Oktober 2021 23:39 WIB
Update Kesehatan Qomar 4 Sekawan usai Operasi Kanker, Masih Diinfus dan Jalani Kemoterapi
Qomar Empat Sekawan mengidap kanker stadium 4. (Foto: celebrities.id/Instagram)

JAKARTA, celebrities.id - Usai menjalani operasi besar pengangkatan kanker usus ganas stadium 4, kini Nurul Qomar alias Qomar 4 Sekawan tengah menjalani masa pemulihan dengan kemoterapi. Pelawak senior itu mengaku berusaha untuk tidak stres.

Nurul Qomar mengaku fisiknya tengah mengalami proses pemulihan. Dia juga menyebutkan bahwa akan menjalani kemoterapi dengan jadwal dua bulan sekali dalam enam bulan hingga kesehatannya kembali normal.

"Kalau secara fisik proses pemulihan, tapi insya Allah sebulan dua kali kemoterapi selama 6 bulan mudah-mudahan nggak sampai 6 bulan sudah normal kembali," kata Nurul Qomar saat ditemui wartawan di RSUD Tanggerang, pada Kamis (14/10/2021)

Dia menegaskan, saat ini fokus menjaga kesehatan psikologisnya. "Keadaan secara psikologis pak Haji mempertahankan kondisi dalam keadaan senang hati, jiwa dan pikiran, sehat," katanya.

Wajah laki-laki 61 tahun itu tidak tampak pucat melainkan tetap tersenyum sambil menceritakan proses operasi yang dijalaninya. Dia juga mengatakan bahwa kemoterapi yang dijalaninya berupa  memasukan obat-obatan keras kedalam tubuhnya melalui selang infus selama 46 jam.

"Walaupun secara fisik memang bekas operasi besar karena kanker ganas stadium 4 itu memang harus diangkat. Dari posisi pencernaan usus besar dan usus kecil yang menyambung keanus tapi sudah diangkat. Dan sekarang sedang menjalani kemoterapi," kata Nurul Qomar.

"Infus selama 46 jam, asumsinya 2 hari 2 malam dimasukan obat-obatan berstandar tinggi sangat keras," ucapnya

Sebagai tambahan informasi, pelawak Nurul Qomar didiagnosis memiliki kanker usus ganas stadium 4. Lalu pada 31 Agustus 2021 menjalani operasi pengangkatan kanker agans di RSUD Tangerang yang berjalan lancar selama satu jam.

Editor : Dhita Seftiawan