Urutan Chipset Terbaik 2022, Jadi Penentu Kinerja HP

Iqbal Widiarko
Kamis 12 Mei 2022 17:40 WIB
Urutan Chipset Terbaik 2022, Jadi Penentu Kinerja HP
Urutan chipset terbaik menentukan performa HP. (Ilustrasi/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Urutan chipset terbaik berikut ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin mencari HP dengan performa terbaik.

Chipset merupakan otak dari sebuah HP yang akan memengaruhi kinerja HP tersebut. Chipset yang kencang juga berhubungan dengan performa keseluruhan dan meningkatkan user experience atau pengalaman pengguna. Untuk menentukan bagus atau tidaknya performa prosesor atau chipset bisa dilihat dari skor AnTuTu dari HP yang digunakannya.

Skor terbaik Antutu di tahun ini berkisar antara 250 ribu sampai 400 ribu, sehingga chipset terbaik yang masuk dalam daftar ini memiliki performa yang tinggi. Kebanyakan mobile processor saat ini adalah 64 bit meskipun pada awalnya 32 bit.

Kecepatan yang dimiliki bahkan sampai 3.0 hingga 3.5 GHz. Mobile processor ini memiliki GPU yang terintegrasi di dalamnya sehingga memungkinkan perangkat yang menggunakannya mendapatkan grafik terbaik, kemampuan 3D, virtual reality, dan juga merekam dengan kualitas 4k.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Kamis (12/5/2022) telah merangkum urutan chipset terbaik, sebagai berikut.

Urutan Chipset Terbaik

1. Dimensity 1000

Chipset pertama ada Dimensity 1000 yang merupakan prosesor besutan dari Mediatek. Chipset ini memang layak digunakan para gamers karena sudah 8-core yang dibagi dalam dua klaster utamanya. Dukungan RAM-nya pun cukup besar hingga 16GB. Angka itu lebih tinggi sekitar 20% dari ARM Cortex-A76, Cortex A55 2Ghz, dan ARM Cortex A77.

Termasuk CPU ARM Mali A77 pada chipset ini mampu digunakan bermain game lebih mulus. Adanya throughout 4,7 GBps membuatnya sebagai prosesor paling cepat di dunia. Kita bisa menggunakannya untuk bermain game besar maupun streaming tanpa lag dengan kecepatan 5G.

2. Dimensity 1200

Prosesor HP terbaik selanjutnya adalah Exynos 1200 yang sudah memiliki fabrikasi 6nm. Kemampuannya pun tak diragukan sebagai prosesor di kelas menengah ke atas. Daya kinerjanya bisa meningkat hingga 22% sedangkan untuk penghematan dayanya hingga 25%. Fitur kamera dengan Artificial Intelligence (AI) menjadi keunggulan prosesor ini dan merajai di kelasnya.

Apalagi sudah didukung dengan teknologi Bluetooth 5.2 yang bisa digunakan streaming tanpa kabel dengan nyaman. Dimensity 1200 menjadi prosesor 8-core dengan tiga klaster. Yakni ARM Cortex A78-3GHz, ARM Cortex A78-2.6GHz, dan ARM Cortex A55-2GHz.

3. Exynos 990

Kemudian Exynos 990 yang dapat dikatakan lebih baik dari pendahulunya dengan GPU 25% unggul. Prosesor ini terdiri dari tiga klaster 4-core dan dengan demikian berada tepat di bawah pesaing beratnya yakni Snapdragon 865.

Performanya semakin tangguh karena dilengkapi dengan Arm Mali-G77 MP1. Dukungan tersebut mampu menghadirkan gambar grafis 3D dengan kualitas terbaik. Terutama saat bermain game dengan ukuran besar seperti Free Fire dan PUBG.

 

1
/
3