Urutan Peredaran Darah Kecil pada Manusia, Berfungsi Beri Nutrisi dan Oksigen ke Sel Tubuh

Kevi Laras
Kamis 12 Mei 2022 12:21 WIB
Urutan Peredaran Darah Kecil pada Manusia, Berfungsi Beri Nutrisi dan Oksigen ke Sel Tubuh
Urutan Peredaran Darah Kecil Pada Manusia. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id –  Urutan peredaran darah kecil yang ada dalam tubuh manusia memiliki peran besar. Sistem peredaran darah tersebut berfungsi untuk memberikan nutrisi dan oksigen ke seluruh sel dalam tubuh.

Secara medis, peredaran darah bisa juga disebut dengan pulmonal. Berikut penjelasan lengkap tentang urutan peredaran darah kecil yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/5/2022).

Urutan Peredaran Darah Kecil pada Manusia

1.Sirkulasi darah dimulai ketika jantung berelaksasi di antara dua detak jantung

Pertama darah mengalir dari kedua atrium (dua ruang atas jantung) ke dalam ventrikel (dua ruang bawah), kemudian mengembang dan berlanjut di periode ejeksi yaitu ketika kedua ventrikel memompa darah ke arteri besar.

2. Terjadi sirkulasi darah antara jantung dan paru-paru

Kemudian peredaran darah atau pulmonal adalah sistem menggerakkan sirkulasi darah antara jantung dan paru-paru. Sirkulasi pulmonal menggerakkan darah antara jantung dan paru-paru untuk menyerap oksigen dan melepaskan karbon dioksida. 

3. Karbondioksida dilepaskan tubuh dari paru-paru

Setelahnya, karbondioksida dalam darah dilepaskan ke saluran paru dan meninggalkan tubuh ketika kita bernapas. Sementara, oksigen baru akan masuk ke aliran darah. Kemudian, lanjut pembuluh darah yang berkeja yaitu vena cava superior (membawa darah dari kepala dan lengan ke jantung) serta vena cava inferior (membawa darah dari perut dan kaki ke jantung).

Jika disimpulkan secara sederhana, dimulai dari jantung (bilik kanan) - pembuluh nadi paru-paru - paru-paru - pembuluh balik paru-paru - jantung (serambi kiri). 

Sekadar informasi, sistem peredaran darah terdiri dari jantung dan arteri serta vena yang membawa darah ke seluruh tubuh. Pemompaan jantung mendorong aliran darah ini melalui arteri, kapiler, dan vena, lalu pembuluh darah mengedarkan darah melalui paru-paru untuk pertukaran gas.

Editor : Tia Ayunita