Urutan Struktur Teks Berita sesuai Kaidah Kebahasaan yang Baik dan Benar

Alifia Furaida Salsabila
Jumat 23 September 2022 13:27 WIB
Urutan Struktur Teks Berita sesuai Kaidah Kebahasaan yang Baik dan Benar
Urutan struktur teks berita. (Foto: Pexels/cottonbro)

JAKARTA, celebrities.id - Urutan struktur teks berita yang sesuai dengan kaidah kebahasaan bisa menjadi pedoman untuk kamu saat membuat teks berita.

Teks berita adalah sebuah teks yang berisi suatu peristiwa atau kejadian aktual yang diinformasikan secara tertulis. Penulisan teks berita harus sesuai dengan fakta yang terjadi dan sumber terpercaya.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Jumat (23/9/2022) telah merangkum urutan struktur teks berita sebagai berikut.

Pengertian Teks Berita

Teks berita adalah rangkaian catatan fakta peristiwa yang terjadi. Teks ini biasa digunakan untuk menyusun berita yang akan ditayangkan dalam beberapa media seperti koran, televisi, internet dan radio. 

Dalam teks berita berisi suatu informasi penting faktual yang akan disampaikan publik. Teks berita harus ditulis apa adanya sesuai dengan kejadian di lapangan, tidak boleh ditambah atau dikurangi. 

Saat menulis teks berita harus menerapkan rumus 5W+1H yang meliputi what, who, when, where, why dan how. Apabila teks berita sudah memenuhi kriteria 5W+1H, selanjutnya menulis teks berita sesuai strukturnya.

Dengan menerapkan struktur teks berita yang baik dan benar maka akan menghasilkan teks berita yang teratur dan urut sesuai kaidah kebahasaan.

Urutan Struktur Teks Berita

1. Orientasi Berita 

Orientasi berita menjadi urutan pertama pada struktur teks berita. Orientasi berita berada pada awal paragraf teks berita sebagai pembuka. Pada bagian orientasi berita berisi pengenalan dari peristiwa yang akan dijelaskan dalam teks berita. Pada bagian ini penulis harus menulis dan menggambarkan informasi semenarik mungkin agar pembaca bisa menikmati teks berita yang dibuat.

2. Peristiwa

Pada struktur ini, penulis mulai menuliskan dan mendeskripsikan serangkaian peristiwa yang terjadi. Penulis harus menjelaskan peristiwa-peristiwa tersebut dengan jelas dan padat. Informasi yang didapat harus berisi fakta detail dan urut.

3. Sumber Berita

Saat menuliskan teks berita, sumber berita harus dilampirkan atau disebutkan agar isi berita lebih valid dan dapat dipercaya masyarakat. Sumber berita yang disebutkan juga harus berdasarkan dengan fakta di lapangan. Sumber berita bisa didapat dengan cara wawancara dengan narasumber, laporan, data, surat resmi yang bisa dipertanggungjawabkan.

Editor : Oktiani Endarwati