Urutan Struktur Teks Ceramah sesuai dengan Kaidah Penulisan

Iqbal Widiarko
Rabu 21 September 2022 17:23 WIB
Urutan Struktur Teks Ceramah sesuai dengan Kaidah Penulisan
Urutan struktur teks ceramah yang pertama diawali dengan pendahuluan. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Urutan struktur teks ceramah dapat mempermudah kamu dalam menyusun sebuah narasi teks khotbah atau ceramah dalam sebuah majelis taklim atau acara resmi lainnya. 

Teks ceramah merupakan karangan yang mengandung sekumpulan paragraf informasi tentang suatu hal atau pengetahuan untuk disampaikan kepada khalayak ramai.

Ciri-ciri teks ceramah salah satunya adalah terdapatnya ilmu atau informasi yang disampaikan pada pendengar supaya dapat menambah ilmu dan wawasan. 

Selain itu, hal yang disampaikan bertujuan guna memberi nasihat, menghibur atau menenangkan serta untuk mengajak berbuat baik.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Rabu (21/9/2022) telah merangkum urutan struktur teks ceramah, seperti berikut.

Urutan Struktur Teks Ceramah

1. Bagian Pendahuluan

Bagian teks ceramah yang mengandung isu, masalah ataupun pandangan pembicara tentang topik yang akan dibahasnya. Bagian ini sama dengan isi dalam teks eksposisi yang disebut dengan isu.

2. Bagian Isi

Bagian teks ceramah yang mengandung argumen pembicara berkaitan dengan pendahuluan atau tesis. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen-argumen pembicara.

3. Bagian Penutup

Bagian teks ceramah yang mengandung penegasan kembali atas pertanyaan-pertanyaan sebelumnya.

Cara Menyusun Kerangka Teks Ceramah

a. Pertama, tentukan topik yang akan ditulis menjadi teks ceramah.

b. Kemudian, kumpulkan informasi terkait topik yang telah ditentukan.

c. Lalu, susun informasi yang telah dikumpulkan menjadi sebuah kerangka teks ceramah dengan memperhatikan struktur penulisan.

Editor : Oktiani Endarwati