Urutan Struktur Teks Tanggapan Beserta Ciri-cirinya

Alifia Furaida Salsabila
Kamis 22 September 2022 12:21 WIB
Urutan Struktur Teks Tanggapan Beserta Ciri-cirinya
Urutan struktur teks tanggapan diawali dengan evaluasi. (Foto: Picjumbo)

JAKARTA, celebrities.id - Urutan struktur teks tanggapan berbeda dengan teks yang lainnya. Struktur teks tanggapan berikut ini bisa acuan saat akan membuat teks tanggapan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tanggapan memiliki arti suatu sambutan yang berwujud kritik, komentar dan lain-lain. Teks tanggapan biasanya berisi kritik terhadap suatu hal yang dianggap terdapat kesalahan.

Untuk membuat teks tanggapan, terdapat tiga struktur yang harus diperhatikan. 

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Kamis (22/9/2022) telah merangkum urutan struktur teks tanggapan sebagai berikut.

Urutan Struktur Teks Tanggapan

1. Evaluasi

Struktur pertama dalam teks tanggapan yaitu evaluasi. Evaluasi merupakan kalimat awal yang berisi tentang isu, pernyataan umum dari penulis. Evaluasi hal penting yang harus dipahami penulis karena pada evaluasi terdapat permasalahan yang fokus untuk dikritik oleh penulis. 

2. Deskripsi

Struktur kedua dalam teks tanggap yaitu deskripsi. Deskripsi merupakan kalimat atau paragraf yang menggambarkan isi dari keseluruhan teks. Dalam struktur deskripsi berisi tentang pembahasan tentang permasalahan yang sedang dibicarakan.

3. Penegasan Ulang

Pada bagian ini berisikan penutup teks tanggapan. Pada bagian ini biasa penulis menuliskan kesimpulan dari teks tanggapan. Penulis juga memberikan masukan atau saran yang bisa dijadikan pembelajaran bagi pembaca.

 

1
/
2