Ustadz Budi Ashari Sebut Ilmu Tak Lekang oleh Waktu, tapi Harus Diiringi Amalan yang Baik

Ayuningtyas Notomihardjo
Senin 27 Desember 2021 22:31 WIB
Ustadz Budi Ashari Sebut Ilmu Tak Lekang oleh Waktu, tapi Harus Diiringi Amalan yang Baik
Ustadz Budi Ashari ilmu yang tak lekang oleh waktu harus diiringi oleh amalan yang baik. (Foto: celebrities.id/Youtube Channel Masjid Al-Irsyad)

JAKARTA, celebrities.id - Ilmu yang tak lekang oleh waktu adalah ilmu yang diamalkan dengan baik. Hal itu tertuang dalam hadits dan tuntunan dalam keseharian seorang muslim yang dicontohkan dalam hadits Arbain dari Imam Nawawi.

Hadits yang memiliki 42 hadits dalam Arbain Nawawiyah karya Imam an-Nawawi merupakan landasan atau fondasi dalam Islam.ย 

Sebagian ulama berpendapat bahwa ajaran Islam atau setengahnya atau sepertiganya berlandaskan pada hadits-hadits dalam kitab ini.

Ustadz Budi Ashari menjelaskan bagaimana Allah SWT memberikan izin untuk ilmu itu menetap di bumi. Bukan hanya menetap, bahkan hingga kini masih dipergunakan dan dipelajari.

“Itulah mengapa Allah SWT mengizinkan hadits dari Arbain Nawawi untuk masuk ke setiap rumah tangga muslim sangat sedikit,” kata Ustadz Budi Ashari, mengutip dari Youtube Channel Masjid Al-Irsyad, Selasa (28/12/2021).

“Tapi kalau izinkan ya, bisa menetap di bumi,” ucap Ustadz Budi Ashari lagi.

Contoh dari dahsyatnya kehebatan Allah SWT dalam adanya hadits Nawawi ini masih ada dan tak lekang oleh waktu, meskipun Imam Nawawi sudah wafat sejak beratus-ratus tahun lalu.

“Imam Nawawi nya sudah meninggal 676 H, sekarang saja 1443 H tapi dia masih terus berjalan dan dipelajari,” tutur Ustadz Budi Ashari.

“Seterusnya gitu manfaatnya. Dan ilmu itu kalau dipelajari untuk dunia akan jadi buih, kalau untuk akhirat insha Allah akan menetap di bumi,” ujarnya.

Editor : Hadits Abdillah