Ustadz Budi Ashari Sebut Muslimin Harus Kuasai Pasar dan Perekonomian, Ini Alasannya!

Ayuningtyas Notomihardjo
Senin 27 Desember 2021 23:26 WIB
Ustadz Budi Ashari Sebut Muslimin Harus Kuasai Pasar dan Perekonomian, Ini Alasannya!
Muslim harus kuasa pasar dan perekonomian. (Foto: Reuters)

JAKARTA, celebrities.id - Pasar menjadi tempat kotor dan kurang layak. Kendati demikian, jangan sampai muslimin menjauhi pasar. Justru umat muslim harus bisa menguasai pasar, kenapa? 

Muslim diminta menguasai pasar untuk menindas kecurangan. Sebab, bahaya kecurangan yang dilakukan oleh beberapa oknum pasar melalui timbangan bisa mendatangkan azab yang mengerikan.

Dalam tausiahnya, Ustadz Budi Ashari menceritakan, kaum Nabi Syu’aib pernah ada yang terkena azab dari Allah SWT karena berdagang.

“Celaka kata Allah, mereka-mereka yang mengurangi timbangan. Kalau dia beli, maunya timbangannya dipenuhi, tapi kalau jual, timbangan malah dikurangi,” ujar Ustadz Budi Ashari di YouTube Channel Masjid Al-Irsyad, Selasa (28/12/2021).

“Allah SWT mengazab kaum Nabi Syu’aib para pedagang yang mengurangi timbangannya,” ucapnya lagi.

Ustadz Budi Ashari pun menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan, tempat yang baik adalah masjid, sedangkan tempat yang buruk adalah pasar. Namun, bukan berarti, pasar harus dihindari, melainkan dikuasai.

“Nabi Muhammad SAW juga pernah bilang kalau tempat terbaik itu Masjid, sedangkan tempat paling buruk itu pasar,” ucap Ustadz Budi Ashari.

“Tapi bedanya pasar justru tidak kita jauhi. Sebab, kita sebagai kaum muslimin diharuskan untuk menguasai pasar dan perekonomian,” ucapnya.

Mengingat, sudah ada banyak pembelajaran ekonomi dari Islam yang juga sudah menjadi bagian dari sejarah. Persebaran Islam paling pesat dengan cara pengembangan pasar atau ekspansi wilayah.

“Islam juga telah membekali berbagai ilmu ekonomi untuk pasar,” tutur Ustadz Budi Ashari.

Editor : Hadits Abdillah