Ustadz Zacky Mirza Ungkap Cara Terbebas dari Utang, Jawabannya di Surah Al-Fatihah

Laras Dwi Sasmita
Selasa 11 Januari 2022 22:15 WIB
Ustadz Zacky Mirza Ungkap Cara Terbebas dari Utang, Jawabannya di Surah Al-Fatihah
Ustadz Zacky Mirza ungkap cara bebas dari utang. (Foto: celebrities.id/Instagram @zackymirza_)

JAKARTA, celebrities.id - Utang-piutang merupakan salah satu muamalah yang diperbolehkan dalam ajaran islam. Namun dalam berutang beberapa orang terkadang tidak menunjukkan itikad baik untuk mengembalikan uang yang dipinjamnya. Terkait hal ini, dalam tausiah Ustadz Zacky Mirza kali ini menjelaskan cara terbebas dari utang. 

Menurut Ustadz Zacky Mirza seseorang yang memutuskan untuk berutang biasanya disebabkan karena gaya hidup yang sangat menuntut lebih dari pendapatan. Ustadz Zacky Mirza pun mengingatkan untuk berhati-hati terhadap utang, pasalnya itu satu-satunya urusan dunia yang akan dibawa hingga ke akhirat. 

Lalu, Ustadz Zacky Mirza mengungkapkan cara terbebas dari utang terdapat dalam surat Al-Fatihah.

Melalui surat tersebut dia menjelaskan bahwa segala sesuatu yang ingin dilakukan manusia harus dimulai dengan melibatkan Allah SWT, agar hal tersebut dapat menjadi pahala dan amalan soleh.

"Berarti kita cari masalahnya apa, jawabannya ada di dalam surat Al-Fatihah. Itulah kenapa surat Al-Fatihah wajib kita baca bahkan surat Al-Fatihah dinamakan dengan nama lain adalah Shabahul Nasr 7 ayat yang diulang-ulang, supaya Al-Fatihah itu menasihati kita. Bismillahirrahmanirrahim bunyi ayat pertama ketika melibatkan Allah maka itu akan menjadi pahala dan amal jariyah," kata Ustadz Zacky Mirza dikutip dari Kanal YouTube MNCTV Official, Rabu (12/1/2022). 

Maka setelah melibatkan Allah, segala sesuatu yang telah dicapai harus diakhiri dengan rasa syukur kepada Allah SWT. Pasalnya menurut Ustadz Zacky Mirza salah satu keinginan atau hasrat untuk berutang itu karena tidak pernah merasa cukup dengan yang sudah Allah titipkan. 

"Yang ingin saya sampaikan oleh ayat yang kedua setelah kita melibatkan Allah ayat berikutnya Alhamdulillah hirobbil alamin, jangan lupa ketika kita melibatkan Allah maka endingnya harus dengan kalimat Alhamdulillah rasa syukur," katanya.

Editor : Hadits Abdillah