Vaksin Covid-19 Booster Jadi Syarat Mudik? Ini Penjelasan Kemenkes

Kevi Laras
Minggu 10 April 2022 09:33 WIB
Vaksin Covid-19 Booster Jadi Syarat Mudik? Ini Penjelasan Kemenkes
Vaksinasi ketiga jadi syarat mudik lebaran, ini penjelasan para ahli. (celebrities.id/Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Perkembangan Covid-19 di Indonesia mengalami perbaikan. Melihat itu, pemerintah Indonesia menjadikan vaksinasi Covid-19 sebagai syarat mudik pada 2022. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan syarat bagi masyarakat yang ingin mudik atau pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN). Syarat utamanya wajib melakukan vaksinasi lengkap dan booster. 

"Yang sudah vaksin dua kali masih perlu tes antigen. Sedangkan bagi yang sudah vaksin lengkap dan booster tidak perlu tes apa-apa," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Senin 4  April 2022.

Sementara masyarakat yang baru melakukan vaksinasi dosis satu maka harus melakukan tes swab PCR sebagai syarat perjalanan mudik. Berdasarkan survei serologi nasional, bertujuan untuk mengetahui proporsi antibodi yang terbentuk di populasi masyarakat Indonesia terhadap virus SARS-CoV-2. Menunjukkan angka antibodi tinggi pada penduduk Indonesia, membuktikan vaksin Covid-19 menambah proteksi terhadap gejala berat dan risiko kematian.

 

1
/
2