Vaksin Covid-19 Buatan China Kurang Manjur? Ini Kata Kemenkes

Muhammad Sukardi
Selasa 13 April 2021 09:40 WIB
Vaksin buatan China sudah masuk 'landscape' Badan Kesehatan Dunia (WHO). (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Pejabat tinggi Badan Pengendalian Penyakit China mengakui bahwa efektivitas vaksin Covid-19 buatan mereka kurang manjur.

Salah satu upaya yang dipertimbangkan untuk meningkatkan hasil adalah menyampur merek vaksin lain. Pernyataan ini pastinya membuat sebagian orang mempertanyakan kualitas vaksin Sinovac maupun Sinopharm yang diproduksi China.

Mendengar pernyataan itu, juru bicara vaksin Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, menjelaskan bahwa masyarakat perlu ketahui terlebih dulu bahwa vaksin buatan China sudah masuk 'landscape' Badan Kesehatan Dunia (WHO). Artinya, vaksin China diakui keamanannya.

"Uji klinis Sinovac bahkan tak hanya dilakukan di China, melainkan di beberapa negara lain seperti Brasil, Turki, termasuk Indonesia. Efikasi vaksin pun sudah diterbitkan yaitu 65%. Khusus di brasil, hasilnya di atas 60%," terang Siti Nadia dalam keterangan pers virtual, belum lama ini.

Dari hasil tersebut sejatinya sudah memenuhi persyaratan WHO yaitu minimum 50 persen. "Jadi, kalau secara efikasi, vaksin China kemanjurannya sudah terpenuhi," tambahnya.

 

1
/
2