Vaksin Covid-19 Mengandung Logam Berbahaya, Mitos atau Fakta?

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Selasa 18 Januari 2022 23:05 WIB
Vaksin Covid-19 Mengandung Logam Berbahaya, Mitos atau Fakta?
Faktanya, vaksin tidak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh dan detoks juga tidak diperlukan setelah divaksin. (Foto: celebrities.id/Ilustrasi)

JAKARTA, celebrities.id - Belum lama ini beredar informasi yang menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 mengandung logam berbahaya. Akibatnya seseorang yang telah melakukan vaksinasi harus menjalani detoks untuk mengeluarkan kandungan berbahaya dalam tubuh.

Tentunya informasi yang beredar tersebut membuat resah dan menyebabkan masyarakat ragu untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Lantas apakah informasi yang beredar tersebut benar atau hanyalah hoax semata?

Merangkum dari laman Instagram @faktacovid19.id, Selasa (18/1/2022) pernyataan tersebut salah atau hoax. Vaksin tidak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh, dan detoks juga tidak diperlukan setelah divaksin.

Vaksin yang digunakan di Indonesia sudah lolos perijinan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan telah terbukti aman dan bermanfaat. Seluruh vaksin Covid-19 yang telah diizinkan untuk disuntikkan di Indonesia sudah melewati berbagai tahapan penelitian.

 

1
/
2