Vaksin Hepatitis A dan B Tersedia, Bisa Lawan Hepatitis Akut Misterius pada Anak?

Kevi Laras
Minggu 15 Mei 2022 11:12 WIB
Vaksin Hepatitis A dan B Tersedia, Bisa Lawan Hepatitis Akut Misterius pada Anak?
Vaksin Hepatitis A dan B bukan untuk Hepatitis akut misterius. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id- Wabah Hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak di dunia semakin berkembang. Hal ini tentunya menimbulkan sejumlah pertanyaan para orangtua, salah satunya mampukah vaksin Hepatitis yang telah ada untuk melawan Hepatitis akut misterius pada anak?

Menanggapi keresahan itu, Dr. Muhammad Fajri Adda’I, dokter relawan Covid-19 dan edukator kesehatan mengatakan bahwa vaksin Hepatitis yang telah ada untuk Hepatitis A dan B sehingga vaksin tersebut hanya mampu melindungi dari infeksi virus Hepatitis A dan B.

"Jadi vaksin hepatitis ABCDE yang ada sekarang ada yaitu A dan B ya hanya bisa melindungi dari infeksi hepatitis A dan B di dunia," ujar Dokter Fajri dalam akun Instagram pribadinya, dikutip Minggu (15/5/2022).

Lebih lanjut, Fajri mengatakan bahwa vaksin Hepatitis A dan B belum mampu melawan Hepatitis akut misterius yang saat ini. Hal tersebut karena penyebab vaksin misterius sendiri memang belum diketahui, sehingga belum bisa dipastikan vaksinnya juga.

"Kita belum tahu nih sampai saat ini penyebab dari hepatitis akut misterius ini di dunia. Vaksin Hepatitis A dan B, tentunya belum mampu mencegah sakit misterius ini," jelasnya.

Sehubungan dengan itu, dokter anak mengungkap cara mencegah penularan penyakit Hepatitis akut ini. Diduga virus menginfeksi melalui saluran pencernaan dan pernafasan anak.

"Untuk mencegah dari saluran pencernaan, jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan pakai sabun, memastikan makanan/ minuman dikonsumsi matang, tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain serta menghindari kontak anak-anak kita dari orang sakit agar anak-anak kita tetap sehat,” jelas Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI dalam keterangan pers Update Perkembangan Hepatitis Akut.

Editor : Lisvi Padlilah