Varian BA.4 dan BA.5 Lebih Ganas dari Omicron? Ini Penjelasan Satgas Covid-19 

Kevi Laras
Kamis 16 Juni 2022 12:12 WIB
Varian BA.4 dan BA.5 Lebih Ganas dari Omicron? Ini Penjelasan Satgas Covid-19 
Ciri-ciri kena Omicron yang berbeda dari varian Covid19. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan atas munculnya varian baru BA.4 dan BA.5. Melihat perkembangannya, Alexandre Ginting, Kasubbid, Dukungan Kesehatan Satgas Covid-19 Nasional menjelaskan adanya perbedaan kedua varian ini dengan varian sebelumnya, baik Delta atau Omicron.

Varian BA. 4 dan BA.5 dikatakan sebagai yang mampu menghindari antibodi (sistem kekebalan tubuh) atau escape imunity. Bagi mereka yang memiliki komorbid (penyakit penyerta) dan belum divaskinasi Covid-19, berkemungkinan dapat mengantarkan ke rumah sakit.

"Memang jelas bahwa varian bA.4 dan BA.5 ini dilaporkan juga memiliki kemampuan penurunan kemampuan terhadap Antibodi monoklonal jadi dia memiliki kemampuan escape," ucap Alexandre Ginting di YouTube FMB9ID_IKP, Kamis (16/6/2022).

Dia menjelaskan jika varian BA. 4 dan BA.5 tidak memiliki tingkat infeksi separah varian Delta atau Omicron. Di mana bagi mereka yang sudah divaksin 3 kali pun atau booster, tetap bisa terinfeksi dengan gejala ringan sehingga dia mengimbau agar masyarakat tetap melakukan pencegahan, seperti melakukan vaksinasi lengkap dan booster.

 

1
/
2