Varian Baru Muncul Lagi, Ketua Satgas: Covid-19 Terus Bermutasi

Kevi Laras
Rabu 21 September 2022 14:16 WIB
Varian Baru Muncul Lagi, Ketua Satgas: Covid-19 Terus Bermutasi
Varian Covid-19 terbaru muncul lagi. (Ilustrasi: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Gelombang Covid-19 keempat saat ini didominasi varian BA.4 dan BA.5, diprediksi bisa panjang. Hal tersebut karena hadirnya subvarian omicron baru yaitu BA2.75.2.

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. dr. Erlina Burhan, MSc., Sp.P.(K) mengatakan Covid-19 terus bermutasi, sehingga perlu pengendalian dari penyebaran kasusnya (transmisi) untuk memutus perkembangan (mutasi) dari virus Corona. 

"Jadi kita harus menyadari bahwa Covid-19 ini virusnya yang memang lazim bermutasi berubah jadi sifatnya demikian. Oleh sebab itu, kemungkinan jadi varian baru ada subvarian bisa bermacam-macam, tapi kalau transmisinya terkendali bahkan kita putus rantai penularan, maka tidak ada mutasi," ujar dr Erlina Burhan, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 IDI.

Lebih lanjut, disampaikan kalau virus Corona di luar tubuh manusia seperti menempel di benda atau permukaan akan mati. Namun jika masuk ke dalam tubuh, akan melahirkan banyak bagian-bagian virus (mereplikasi). 

Proses yang mana virus memperbanyak diri atau copy dan paste. Memungkinkan bisa menghadirkan virus baru yang tidak sama dengan varian asli/sebelumnya.

"Karena mutasi itu terjadi karena adanya perubahan saat dia berkembangbiak dan virus berkembang biak di dalam tubuh. Kalau virus di luar aja di ubin atau di kursi dia kan mati lama-lama," ujar dr Erlina. 

 

1
/
2