Varian Covid-19 BA.4 dan BA.5 Lebih Cepat Menular, Dokter Reisa: Kita Tetap Harus Waspada

Kevi Laras
Senin 20 Juni 2022 11:32 WIB
Varian Covid-19 BA.4 dan BA.5 Lebih Cepat Menular, Dokter Reisa: Kita Tetap Harus Waspada
Varian Covid-19 BA.4 dan BA.5 lebih cepat menular. (celebrities.id/M. Sukardi)

JAKARTA, celebrities.id - Kemunculan varian Covid-19, BA.4 dan BA.5 di Indonesia perlu diwaspadai karena dianggap lebih mudah menular.

Hal tersebut disampaikan oleh Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr Reisa Broto Asmoro dalam siaran pers beberapa hari lalu.

Dalam penjelasannya, Reisa mengatakan varian BA.4 dan BA.5 telah mengakibatkan kenaikan kasus di berbagai negara. Namun tingkat keparahan, seperti perawatan di Rumah Sakit, menurutnya lebih rendah dibandingkan varian sebelumnya.

"Subvarian ini memang menyebabkan kenaikan kasus di beberapa negara bagian tetapi sejauh ini gejala dan kebutuhan perawatan rumah sakit jauh lebih rendah," kata dr Reisa Broto Asmoro di YouTube Sekretariat Presiden, dikutip Senin (20/6/2022)

BA.4 dan BA.5 sejauh ini diketahui memiliki tingkat keparahan yang mengakibatkan kematian hanya sepersepuluh dari varian Omicron awal. 

Hingga kini dari jumlah pasien di Indonesia yang terinfeksi mayoritas mengalami gejala ringan dan hanya satu mengalami gejala sedang. 

Gejala sedang tersebut, berupa sesak nafas, mual muntah, sakit kepala hingga nyeri dibagian perut. Reisa pun berharap agar masyarakat tetap waspada dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah dilakukan selama ini.

 

1
/
2