Vespa Punya Penggemar Setia, Raksasa Otomotif Italia Ini Resmi Punya Pabrik di Indonesia

Icon CameraAdvenia Elisabeth
Kamis 24 November 2022 13:06 WIB
Vespa Punya Penggemar Setia, Raksasa Otomotif Italia Ini Resmi Punya Pabrik di Indonesia
Piaggio buka pabrik di Indonesia. (Foto: celebrities.id/Instagram @piaggioindonesiaofficial)

JAKARTA, celebrities.id - Kepopuleran Vespa di Tanah Air diketahui tidak pernah redup. Kini, hal itu dibuktikan dengan kepercayaan diri dan optimistisme perusahaan otomotif raksasa Italia, PT Piaggio yang resmi memiliki pabrik di Indonesia.

Kabar itu dibenarkan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. Dia menyampaikan apresiasi atas investasi baru, pembukaan lapangan kerja, peningkatan produksi kendaraan roda dua, serta peningkatan nilai tambah di dalam negeri dengan pembukaan pabrik baru tersebut. 

"Semoga pabrik yang sudah diresmikan ini menjadi tonggak baru dalam peningkatan kerja sama Indonesia dan Italia," ujar Menperin dikutip dalam keterangan resminya, Kamis (24/11/2022).

Menperin menuturkan, pendirian pabrik dan produksi Vespa yang dilakukan oleh PT Piaggio Indonesia merupakan salah satu contoh gambaran kondisi sektor industri yang saat ini optimis dan terus berkembang. 

“Pendirian pabrik ini menjadi bukti bahwa industri terus berekspansi dan berkontribusi tehadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” katanya.

Agus mengatakan, Kemenperin memiliki komitmen tinggi untuk mendukung kesuksesan Piaggio Group di Indonesia. Dukungan tersebut diberikan dalam bentuk tax allowance kepada perusahaan tersebut.

Menperin meminta PT Piaggio Indonesia untuk mendorong peningkatan penggunaan komponen lokal, khususnya komponen produksi Industri Kecil Menengah (IKM).

“Kami mengharapkan Piaggio Indonesia dapat mendukung IKM komponen masuk ke dalam global supply chainPiaggio serta mendukung peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN),” ucap Menperin.

Selanjutnya, Agus mendukung Piaggio Indonesia untuk terus meningkatkan kapasitas produksinya, memperbanyak pengenalan line up kendaraan produksi dalam negeri, dan pada akhirnya menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan basis ekspor.

Editor : Lisvi Padlilah