Vietnam Pecahkan Rekor Perolehan Medali Emas Terbanyak di SEA Games, Jadi Juara Umum Ungguli Indonesia

Andika Rachmansyah
Senin 23 Mei 2022 07:56 WIB
Vietnam Pecahkan Rekor Perolehan Medali Emas Terbanyak di SEA Games, Jadi Juara Umum Ungguli Indonesia
Timnas angkat besi Vietnam menangkan medali emas (Foto: celebrities.id/Isntagram @seagames31_vietnam2021)

HANOI, celebrities.id - Tuan rumah Vietnam berhasil keluar sebagai juara umum dalam perhelatan pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara SEA Games 2021. Menariknya, Negeri Naga Biru itu memecahkan rekor medali emas terbanyak sejak ajang tersebut digelar pada 1977.

Selaku tuan rumah, Vietnam tampaknya tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini untuk bisa mendulang hasil terbaik.

Terbukti, negara beribu kota Hanoi itu berhasil keluar sebagai juara umum SEA Games 2021. Mereka keluar sebagai juara dengan koleksi total 446 medali dengan rincian 205 medali emas, 125 perak, dan 116 perunggu.

Menariknya, koleksi 205 medali emas yang Vietnam peroleh sekaligus membuat mereka memecahkan rekor. Pasalnya, mereka menjadi satu-satunya negara yang bisa meraih segitu banyak medali emas dalam satu edisi SEA Games.

Vietnam mampu memecahkan rekor medali emas yang dimiliki Indonesia pada SEA Games 1997. Kala itu, Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum setelah mengoleksi perolehan medali emas sebanyak 194. Kontingen Merah Putih mengalahkan Thailand yang berada di urutan dua (83 emas) dan Malaysia di posisi tiga (55 emas).

Bahkan hingga SEA Games 2019, belum ada negara yang bisa menyalip perolehan medali emas yang dimiliki Indonesia. Namun kini, rekor itu resmi dipecahkan oleh Vietnam

Lalu pada SEA Games 2021 ini, Thailand menutup klasemen akhir perolehan medali dengan berada di urutan dua. Negeri Gajah Putih itu mengoleksi 92 emas, 103 perak, dan 136 perunggu. Jika ditotal, mereka mengoleksi sebanyak 331 medali.

Sementara Indonesia finis di urutan tiga pada klasemen akhir perolehan medali. Tercatat, Kontingen Merah Putih mengoleksi 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu, yang mana jika ditotal sebanyak 241 medali yang dikoleksi Indonesia dalam edisi kali ini.

Editor : Lisvi Padlilah