Viktor Axelsen Akui Lee Zii Jia Jadi Ancaman Baru, Persaingan Tunggal Putra Makin Sengit

Andhika Khoirul Huda
Kamis 23 Juni 2022 19:34 WIB
Viktor Axelsen Akui Lee Zii Jia Jadi Ancaman Baru, Persaingan Tunggal Putra Makin Sengit
Viktor Axelsen Akui Lee Zii Jia Jadi Ancaman Baru, Persaingan Tunggal Putra Makin Sengit. (Foto:celebrities.id/Instagram @viktoraxelsen)

KUALA LUMPUR, celebrities.idPebulu tangkis Denmark, Viktor Axelsen mengaku bahwa persaingan di sektor tunggal putra semakin sengit. Menurutnya, wakil Malaysia, Lee Zii Jia menjadi salah satu pemain potensial yang bisa menggoyang dominasinya.

Zii Jia naik ke peringkat lima dunia pada pekan ini usai menjalani dua turnamen di Tanah Air. Meski tak mendapat gelar juara, dia masuk ke semifinal Indonesia Open 2022 setelah sebelumnya hanya mencapai perempat final Indonesia Masters 2022.

Pada laga semifinal turnamen super 1000 tersebut, pemain berusia 24 tahun itu memberikan perlawanan sengit pada Axelsen. Kendati akhirnya kalah, dia memaksa sang juara dunia 2021 itu bermain dalam tiga set yang berakhir dengan kekalahannya dengan skor 21-19, 11-21 dan 21-23.

Melihat performa apik sang lawan pada laga tersebut, pemain ranking satu dunia itu pun mengakui bahwa Zii Jia merupakan ancaman baru untuknya. Meski begitu, menurutnya persaingan ketat tersebut justru berdampak baik untuknya dan juga para pemain lainnya karena mereka akan semakin termotivasi untuk menjadi yang terbaik.

"Ada banyak pemain bagus saat ini termasuk Zii Jia yang bisa mengalahkan siapa saja. Saya pikir itu hal yang baik karena kami saling menekan untuk menjadi pemain terbaik," kata Axelsen dikutip dari Berita Harian Malaysia, Kamis (23/6/2022).

Axelsen sendiri saat ini bisa dibilang memang menjadi satu-satunya pemain dunia tunggal putra yang paling konsisten. Setelah menyabet emas Olimpiade Tokyo 2020 dan juara dunia 2021 tahun lalu, dia terus menambah koleksi gelarnya.

Pada 2022 ini, pemain berusia 28 tahun itu sudah mengantongi gelar juara All England 2022, Juara Eropa 2022, Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022. Tercatat, terakhir Axelsen kalah pada awal tahun ini di babak semifinal Jerman Open 2022 usai ditekuk wakil India, Lakshya Sen.

Karena itu, penampilan apik Zii Jia di Indonesia Open 2022 kemarin menjadi tanda bahwa dia punya potensi untuk bisa menggoyahkan dominasi Axelsen. Hal itu bisa dibuktikannya pada dua ajang berikutnya di Negeri Jiran, yakni Malaysia Open dan Masters 2022 yang akan berlangsung pada akhir Juni hingga awal Juli mendatang.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra