Viral! Arkeolog Temukan Jalan Berusia 7 Ribu Tahun di Dasar Laut, Begini Penampakannya

Icon CameraTangguh Yudha Ramadhan
Sabtu 13 Mei 2023 01:15 WIB
Viral! Arkeolog Temukan Jalan Berusia 7 Ribu Tahun di Dasar Laut, Begini Penampakannya
Arkeolog temukan jalan berusia 7 ribu tahun di di dasar laut. (Foto: Metro)

JAKARTA, celebrities.id - Tim arkeolog dari Universitas Zadar berhasil menemukan penemuan yang luar biasa. Dalam eksplorasi di lepas pantai Kroasia, mereka berhasil menemukan jalan berusia 7 ribu tahun di dasar laut. 

Dilansir dari Metro, Jumat (12/5/2023), jalan kuno tersebut terdiri dari lempengan batu yang disusun dengan teliti. Jalan memiliki lebar empat meter yang diyakini sebagai jalan utama. 

Para arkeolog berpendapat jalan ini berfungsi sebagai penghubung penting antara pemukiman prasejarah budaya Hvar yang terendam dengan wilayah pesisir Pulau Korčula. 

Dengan melakukan analisis radiokarbon pada pecahan kayu yang diawetkan dengan baik yang ditemukan selama ekspedisi baru-baru ini, para ahli memperkirakan bahwa seluruh pemukiman didirikan sekitar 4.900 SM. 

Tim arkeolog Universitas Zadar juga terlibat dalam penggalian tanah di dekat Teluk Gradina, yang terletak di dekat Vela Luka di seberang Pulau Korčula. Tim juga menemukan struktur bawah air yang menarik. 

Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan adanya pemukiman yang sangat mirip dengan yang ditemukan di Soline. Situs tersebut menghasilkan harta karun artefak Neolitikum. 

Ini termasuk bilah batu api, kapak batu, dan pecahan benda pengorbanan. Memberikan wawasan yang tak ternilai tentang kehidupan dan praktik peradaban manusia purba. 

Untuk diketahui, proyek penelitian ini merupakan upaya kolaboratif antara Universitas Zadar dan beberapa institusi dan perusahaan terkemuka, termasuk Museum Dubrovnik, Museum Kota Kaštela, Museum Kota Korčula, dan bantuan dari Lumbarda Blue Diving Center.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.