Viral! Boneka Brendung Milik Suku Kaso di Pemalang Bisa Meloncat dan Menari

Icon CameraAryanto
Selasa 24 Januari 2023 18:45 WIB
Viral! Boneka Brendung Milik Suku Kaso di Pemalang Bisa Meloncat dan Menari
Boneka Brendung milik suku Kaso bisa meloncat dan menari. (Foto: Aryanto)

PEMALANG, celebrities.id - Wong Kaso atau suku Kaso yang bermukim di Desa Sarwodadi, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, dikenal oleh masyarakat sebagai pribadi yang bicara apa adanya, dekat dengan alam dan kuat dalam memegang tradisi budayanya.

Bahkan, ada juga sebagian masyarakat menganggap jika orang Kaso ini sebagai suku Saminnya di Kabupaten Pemalang.

Meski saat ini kemajuan zaman yang modern dengan deras mendera, masyarakat Kaso tetap menjaga budaya tradisional warisan leluhurnya.

Salah satu budaya tradisional yang masih di pertahankan oleh suku Kaso adalah kesenian Brendung, yang dipertunjukan saat karnaval atau kirab hari jadi Kabupaten Pemalang ke- 448. 

Brendung adalah sebuah boneka yang terbuat dari tempurung kelapa yang konon mengandung magis, bisa terbang sendiri, dan bisa menari (meloncat-loncat) mengikuti iringan nyanyian dan tetabuhan gamelan (alat musik), dan ketika meloncat-loncat akan terasa sangat berat, meski dipegang oleh empat atau enam orang atau lebih.

"Kesenian Brendung ini biasanya diadakan sebagai sarana penolak bencana," kata Prakoso, salah satu perangkat desa Sarwodadi pada Selasa (24/1/2023).

Sebagai informasi, boneka Brendung terbuat dari tempurung kelapa untuk bagian kepala, sedangkan tubuh boneka terbuat dari bamboo. Kemudian di kasih baju dan dirias sedemikian rupa, sehingga menyerupai wanita cantik.

Setelah selesai dirias, boneka Brendung lalu ditancapkan (diletakan) pada tampah (penampi beras), menurut si pembuatnya, boneka Brendung yang sudah nampak cantik tersebut diibaratkan bidadati, atau dalam istilah setempat disebut Brendung.

Editor : Tia Ayunita

Follow Berita Celebrities di Google News