Viral! Bongkar Bangkai Paus, Nelayan di Yaman Untung Rp22 Miliar

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Sabtu 05 Juni 2021 07:01 WIB
Viral! Bongkar Bangkai Paus, Nelayan di Yaman Untung Rp22 Miliar
Nelayan di Yaman untung Rp22 miliar setelah menemukan harta karun di perut bangkai ikan paus. (Foto: celebrities.id/Ilustrasi Freepik)

SANAA, celebrities.id - Sekelompok nelayan dibuat terkejut setelah menemukan bangkai ikan paus. Peritiwa tersebut terjadi di Teluk Aden, Yaman. Para nelayan itu kemudian membuka tubuh mamalia besar itu dan menemukan zat hitam tebal seperti lilin.

Meski benda ini tidak tampak berarti bagi sebagian orang, namun para nelayan tersebut tahu persis bahwa zat ini adalah ambergris yang sangat berharga. Sebagaimana diketahui, nelayan tersebut menemukan 127 kilogram ambergris yang dijual seharga USD1,56 juta atau sekira Rp22,2 miliar.

Merangkum dari VT, Jumat (4/6/2021), ambergris dibuat dalam sistem pencernaan paus dan merupakan produk limbah yang tidak berbeda dengan kotoran. Perbedaan yang mendasar adalah betapa langka dan berharganya ambergris.

Ambergris juga lebih dikenal sebagai muntah emas dan dapat dijual dengan harga sekira USD49.568 atau sekira Rp709 juta per kilogram. Dalam salah satu wawancara dengan media lokal, nelayan ini pun menceritakan mengenai kronologis mengenai ditemukannya benda mahal dalam bangkai ikan paus tersebut.

“Begitu kami mendekatinya, ada bau yang kuat dan kami merasa paus ini memiliki sesuatu. Kami tidak pernah menyangka hal ini akan memberi kami jumlah yang sangat besar,” ujar salah satu nelayan.

 

1
/
2
Topik Terkait