Viral Bunga Edelweis Rawa di Ranca Upas Rusak Gegara Event Motor Trail, Sandiaga Uno Minta Perizinan Event Harus Digitalisasi

Icon CameraNovie Fauziah
Senin 13 Maret 2023 20:59 WIB
Viral Bunga Edelweis Rawa di Ranca Upas Rusak Gegara Event Motor Trail, Sandiaga Uno Minta Perizinan Event Harus Digitalisasi
Menparekraf Sandiaga Uno kesal dengan event motor trail yang merusak Ranca Upas. (Foto: celebrities.id/Novie Fauziah)

JAKARTA, celebrities.id - Viral bunga edelweis rawa di Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, rusak gegara event motor trail. Terkait hal ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno angkat suara.

"Kalau kita lihat di sosial media hingga WhatsApp grup, beredar video yang sangat mengenaskan. Oleh karena itu kami sangat menyayangkan event motor trail yang merusak di Ranca Upas," katanya dalam Weekly Press Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin (13/03/2023).

Menurut Sandiaga, penyelenggaraan event tersebut merupakan sesuatu yang tidak bertanggung jawab karena merusak kawasan wisata alam. Tak hanya masyarakat sekitar yang merasa dirugikan, namun ekosistem seluruh pariwisata.

Oleh karena itu, Sandiaga meminta ke depannya dapat mendigitalisasi penyelenggaraan event yang dilakukan di kawasan destinasi wisata. Bercermin dengan kejadian komunitas motor trail tersebut, yang mana malah merusak wilayah sekitarnya.

"Jadi kalau ada pemberian izin event ini berbasis penilai risiko dan kompetensi penyelenggaraan daripada event itu sendiri. Sehingga kita akan pastikan digitalisasi event ini akan kita zonasi dan awali. Kita pastikan penyiapan digitalisasi perizinan ini diuji coba tepat waktu," tuturnya.

Sementara itu Pakar Taksonomi Tumbuhan Universitas Padjadjaran (Unpad), Joko Kusmoro menjelaskan, jenis Bunga Rawa yang rusak di kawasan wisata Ranca Upas, klasifikasinya sangat langka.

Dia mengatakan, tumbuhan tersebut yang memiliki nama latin Eriocaulon Brownianum Mart itu hanya tumbuh di dua tempat di Indonesia. Selain di kawasan rawa Ranca Upas, jenis bunga ini juga tumbuh di kawasan Danau Ciharus, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Di tempat yang lain saya belum menemukan. Yang saya ketahui di Ranca Upas, di Danau Ciharus juga kayaknya masih ada gitu," kata Joko di Bandung.

Bunga Rawa tersebut merupakan tumbuhan herbal yang hidup sepanjang tahun. Kemudian sekilas, tumbuhan itu terlihat seperti rumput, akan tetapi terdapat bunga berwarna putih di ujung atasnya.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.