Viral Fenomena Senja Indah di Langit Jakarta, BMKG Ungkap Penyebabnya

Icon CameraDimas Choirul
Jumat 13 Januari 2023 20:16 WIB
Viral Fenomena Senja Indah di Langit Jakarta, BMKG Ungkap Penyebabnya
Fenomena Senja Indah di Langit Jakarta, BMKG Ungkap Penyebabnya. (Foto:celebrities.id/MPI Dimas Choirul)

JAKARTA, celebrities.id - Tanpa disadari, senja di langit Jakarta tampak indah sejak beberapa hari belakangan. Pemandangan jingga tersebut membuat sejumlah warga berswafoto sambil menikmati suasana sore.

Tak ayal, momentum senja indah itu banyak dibagikan oleh warganet di media sosial. Lantas, mengapa hal ini terjadi? Bukankah saat ini wilayah Indonesia masih berada dalam musim penghujan?

Kepala Sub Bidang Prediksi Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ida Pramuwardani menjelaskan, hal ini dapat terjadi karena adanya partikel-partikel mikro di udara yang tampak cukup besar. Partikel mikro tersebut mengakibatkan berkas cahaya matahari akan lebih banyak komponen warna biru yang dihamburkan.

"Dan hanya menyisakan komponen warna merah saat cahayanya tiba di bagian atmosfer di atas pengamat," kata Ida saat dihubungi MNC Portal, Jumat (13/1/2023).

Fenomena tersebut, kata Ida, sering diistilahkan dengan fenomena Hamburan Rayleigh, yakni hamburan elastis pada cahaya oleh partikel-partikel mikro/nano di udara yang ukurannya lebih kecil daripada panjang gelombang cahaya tampak. Beberapa waktu lalu, terjadi kepadatan partikel-partikel mikro/nano di udara yang cukup besar sehingga lebih padat daripada partikel pada udara normal.

"Karena lebih padat, maka berkas cahaya Matahari yang melewatinya akan dihamburkan khususnya pada panjang gelombang pendek (spektrum biru) hingga medium (spektrum hijau)," tuturnya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Follow Berita Celebrities di Google News