Viral! HK Vittinghus Dikoreksi Netizen, Gegara Salah Pilih Kata Bahasa Indonesia

Andika Rachmansyah
Rabu 07 September 2022 23:25 WIB
Viral! HK Vittinghus Dikoreksi Netizen, Gegara Salah Pilih Kata Bahasa Indonesia
HK Vittinghus Dikoreksi Netizen, Gegara Salah Pilih Kata Bahasa Indonesia. (Foto:celebrities.id/MPI Bagas Abdiel)

COPENHAGEN, celebrities.id – Pelajaran dipetik oleh pebulutangkis asal Denmark, Hans-Kristian Vittinghus. Sebab, Vittinghus menjadi tahu penggunaan kata Bahasa Indonesia yang tepat untuk diberikan kepada seseorang yang memiliki jabatan atau posisi tinggi.

Seperti diketahui, Vittinghus merupakan salah satu atlet Eropa yang cinta dengan Indonesia. Pemain berusia 36 tahun itu kerap kali memakai batik yang merupakan busana khas Indonesia. Tak hanya itu, Vittinghus juga sering memamerkan kelihaian bahasa Indonesianya lewat sosial media. Dia terlihat sering membalas kolom komentar dari Netizen Indonesia dengan memakai bahasa Indonesia.

Terbaru, dia mengalami kejadian yang menarik. Vittinghus diundang oleh Kedutaan Besar Indonesia untuk Denmark. Dia sangat senang mendapat kesempatan seperti itu karena bisa berbincang dengan Dewi Savitri Wahab selaku Dubes Indonesia untuk Denmark. Kejadian menariknya yaitu ketika Vittinghus mengunggah foto di Instastorynya bersama Dewi. Dalam unggahan tersebut, dia menuliskan bahwa senang bisa bertemu dengan Dubes Indonesia untuk Denmark.

“Senang berbicara dengan duta besar Indonesia di sini, di Denmark, kemarin dan merayakan hari Kemerdekaan Indonesia ke-77. Saya sangat senang bertemu dengan dia, @dewiswahab,” tulis Vittinghus dalam instastory akun instagramnya, Rabu (7/9/2022).

Namun tak lama berselang, Vittinghus kembali mengunggah instastory dengan menggunakan foto yang sama. Tapi bedanya, kali ini dia mengucapkan terima kasihnya atas koreksi tata bahasanya yang salah.

Vittinghus mendapat pelajaran. Dia menjadi tahu bagaimana penempatan tata bahasa yang benar jika berbicara dengan lawan bicara yang memiliki jabatan. Dalam kasus ini yaitu Dewi yang menjabat sebagai Dubes Indonesia untuk Denmark.

“Terima kasih atas semua koreksi untuk postingan saya sebelumnya. Saya akan ingat untuk menggunakan ‘beliau’ dan bukan ‘dia’ ketika berbicara tentang atau kepada seseorang yang memiliki posisi tinggi seperti duta besar,” tuturnya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra