Viral Ibu Beri Minuman Kopi pada sang Bayi, Ini Bahayanya

Icon CameraWiwie Heriyani
Senin 23 Januari 2023 18:33 WIB
Viral Ibu Beri Minuman Kopi pada sang Bayi, Ini Bahayanya
Viral ibu berikan minuman kopi kemasan ke bayinya. (Foto: celebritis/Twitter @tama_pute)

JAKARTA, celebrities.id - Video yang memperlihatkan seorang ibu memberikan minuman kopi kemasan pada bayinya viral di media sosial.

Netizen dibuat geram dengan aksi sang ibu lantaran dinilai membahayakan bagi kesehatan sang bayi. 

Lantas, apa saja bahaya minum kopi bagi anak? Dilansir dari berbagai sumber, Senin (23/1/2023), berikut ulasannya.

Kopi terkenal sebagai minuman yang bisa menghilangkan dan meredakan rasa kantuk. Bagi tubuh, kopi juga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, di antaranya menjaga kesehatan otak dan jantung. 

Namun, sebagian besar riset yang menunjukkan manfaat kopi ini dilakukan pada orang dewasa, bukan pada bayi dan anak-anak.

Minuman kopi, terutama yang tidak mengandung gula, susu, atau tambahan lainnya, memang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Namun, hal itu hanya berlaku untuk orang dewasa, tidak untuk bayi dan anak-anak.

Bayi dan anak-anak memiliki kerja tubuh yang tidak sama dengan orang dewasa. Tubuh mereka memerlukan waktu lebih lama untuk menyerap kafein.

Kandungan kafein dalam kopi bisa diserap oleh tubuh orang dewasa dalam waktu 3–7 jam. Sedangkan pada bayi, dibutuhkan waktu sekitar 65–130 jam untuk memproses kafein. Ini karena organ hati dan ginjal bayi belum bekerja dengan sempurna.

Selain itu, kopi bukanlah pilihan minuman yang dianjurkan untuk anak-anak, terlebih bayi yang berusia di bawah enam bulan. Pasalnya, pada usia ini, satu-satunya asupan yang boleh diberikan adalah ASI. Selain tidak bermanfaat, memberikan kopi dan minuman berkafein justru bisa membahayakannya.

Bahaya kopi untuk bayi

1. Peningkatan denyut jantung

Anak-anak dan bayi yang diberikan kopi yang mengandung kafein bisa menyebabkan mereka mengalami peningkatan frekuensi denyut jantung, bahkan gangguan irama jantung.

 

2. Insomnia

Kafein yang terkandung di dalam kopi juga bisa membuat bayi dan anak-anak terjaga dan lebih sulit tidur, sebab kafein mampu menghambat kinerja kimia di otak yang bertanggung jawab untuk mengatur tidur. 

Selain itu, kafein juga akan meningkatkan produksi hormon adrenalin yang bisa menyebabkan mereka lebih gelisah dan rewel.

3. Gangguan penyerapan kalsium

Bayi dan anak-anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, sehingga membutuhkan makanan sehat dengan kandungan gizi yang seimbang.

Salah satu zat gizi yang diperlukan anak untuk tumbuh optimal adalah kalsium. Mengonsumsi kopi atau minuman berkafein tidak hanya minim nutrisi untuk anak, tetapi juga bisa menghambat penyerapan kalsium dalam tubuhnya.

4. Suasana hati memburuk

Mengonsumsi minuman berkafein, termasuk kopi, juga sering dikaitkan dengan memburuknya suasana hati dan meningkatnya rasa cemas. Jika diberikan kepada anak-anak atau bayi, kopi dapat membuat mereka menjadi lebih rewel dan gelisah.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News