Viral! Ivermectin Diklaim Obat Mujarab Covid-19, BPOM Lakukan Uji Klinis

Muhammad Sukardi
Kamis 10 Juni 2021 23:09 WIB
Invermectin ramai diperbincangkan masyarakat karena dipercaya dapat mengobati Covid-19. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Belakangan ini obat Invermectin ramai diperbincangkan masyarakat karena dipercaya dapat mengobati Covid-19. Bahkan, obat ini digadang-gadang efektif menurunkan angka kematian akibat Covid-19.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun turun tangan meluruskan informasi tersebut. Dalam keterangan terbarunya dijelaskan, Ivermectin dalam penelitian yang sudah dipublikasi dinyatakan memiliki potensi antiviral pada uji in-vitro di laboratoirum.

"Akan tetapi masih diperlukan bukti ilmiah yang lebih meyakinkan terkait keamanan, khasiat, dan efektivitasnya sebagai obat Covid-19 melalui uji klinik lebih lanjut," terang BPOM dalam laporan yang diterima MNC Portal, Kamis (10/6/2021).

BPOM menjelaskan, Ivermectin kaplet 12 mg terdaftar di Indonesia untuk indikasi infeksi kecacingan (Strongylodiasis dan Onchocerciasis). Ivermectin diberikan dalam dosis tunggal 150-200 mcg/kg Berat Badan dengan pemakaian 1 (satu) tahun sekali.

"Ivermectin adalah obat keras yang pembeliannya harus dengan resep dokter dan penggunaannya di bawah pengawasan dokter," kata BPOM.

 

1
/
2