Viral Kuliner Nasi Minyak, Begini Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal

Icon CameraKevi Laras
Rabu 18 Januari 2023 22:26 WIB
Viral Kuliner Nasi Minyak, Begini Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal
Viral Kuliner Nasi Minyak, Begini Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Baru-baru ini masyarakat dihebohkan dengan kudapan yang diberi nama nasi minyak. Sesuai dengan namanya, nasi tersebut dicampur dengan minyak goreng.

Kuliner viral tersebut menjadi ramai diperbincangkan setelah diunggah akun TikTok @tiktok_kulineran dan diunggah ulang oleh akun Twitter @txtdrkuliner.

Seperti diketahui, kadar kolesterol di dalam tubuh bisa mengalami kenaikan, dipicu berbagai faktor salah satunya pola makan yang sembarangan. Umumnya, serangan jantung dan stroke merupakan penyakit mengintai pengidap kolesterol tinggi.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Raissa Edwina Djuanda, M.Gizi, Sp.GK mengatakan bahwa kolesterol akan naik jika kandungan minyak yang dimakan cukup berlebihan.

"Kolesterol naik memang kita juga perlu waspada, jadi salah satu faktor risiko penyakit jantung hingga stroke. Juga disarankan untuk yang diabetes kadar kolesterolnya pun juga harus diturunkan sampai normal, apabila tidak diturunkan pembuluh darah bisa pecah," kata dr Raissa dalam Bincang-bincang terkait Mencegah Stunting di Jakarta, Rabu (18/1/2023)

Lantas bagaimana cara menjaga kolesterol dalam tubuh tetap normal? Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/1/2023).

Cara Menjaga Kolesterol Tetap Normal

1. Makan sayur dan buah

Konsumsi sayur dan buah jadi salah satu cara tetap sehat dan jaga kolesterol tetap normal. The Heart Foundation merekomendasikan agar mengikuti pola makan jantung sehat, yang berarti makan berbagai macam makanan segar (buah dan sayur) dan tidak diproses (fresh).

2. Berhenti merokok dan minum alkohol

Banyak ahli yang mengatakan bahwa merokok bisa memicu penyakit jantung. Sementara alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol dan kadar trigliserida, sejenis lemak dalam darah. Sehubungan dengan kolesterol, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan agar bisa mengubah gaya hidup sehat. Ā 

"Anda bisa mengambil langkah-langkah menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, dengan perubahan gaya hidup sehat, seperti memilih makanan lebih rendah lemak jenuh dan lemak trans, serta menjaga berat badan yang sehat," tulis keterangan CDC dalam website resminya

3. Berolahraga

Kita tahu olahraga merupakan penawar hampir semua penyakit, termasuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan ativitas fisik sedang dapat membantu meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Disarankan untuk mengkonsultasikan dengan dokter anda, terkait durasi yang tepat berolahraga. Namun umumnya, olahraga setidaknya dilakukan selama 30 menit, lima kali seminggu/ aktivitas aerobik selama 20 menit tiga kali seminggu.

4. Cek kolesterol Secara Rutin

Tidak hanya berfokus pada bagaimana mengatur pola makan sehat. CDC menyarankan agar rutin mengecek, setidaknya sekali setiap empat hingga enam tahun jika tidak memiliki penyakit jantung. Umumnya, beberapa orang perlu memeriksakan kolesterolnya lebih sering atau lebih jarang.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Follow Berita Celebrities di Google News