Viral! Mahasiswi Kedokteran Ini Tidak Nafsu Makan usai Praktik Bedah Mayat, Begini Ceritanya

Tia Ayunita
Selasa 21 Juni 2022 12:30 WIB
Viral! Mahasiswi Kedokteran Ini Tidak Nafsu Makan usai Praktik Bedah Mayat, Begini Ceritanya
Cerita mahasiwa kedokteran yang tak nafsu makan setelah praktik anatomi. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Fiemelsaa merupakan salah seorang mahasiwi kedokteran yang membagikan kisahnya lantaran tidak pernah merasakan nafsu makan setelah melakukan praktikum anatomi.

Dilansir akun TikTok @fiemelsaa pada Selasa (21/6/2022), dia mengatakan bahwa hampir semua mahasiwa kedokteran yang berhubungan dengan medis tentu pernah mempelajari cadaver atau mayat sebagai media pembelajaran anatomi.

"99 persen anak kedokteran begini setelah praktikum anatomi untuk pertama kali sama cadaver," tulisnya dalam video tersebut.

Kemudian, video TikTok tersebut dibalas kembali oleh seorang mahasiswi kedokteran lainnya bernama Vivin yang juga merasakan hal serupa.

Dalam akun TikTok @polcaseuvn, Vivin menceritakan hal yang sama dengan Fiemelsaa dengan menggunakan fitur stitch dari TikTok.

"Jujur ini related banget waktu pertama kali aku di FK di semester satu. Jadi sebenernya aku gak tau cadaver itu apa, aku gak tau gitu lho," kata Vivin.

Dirinya mengatakan bahwa saat ospek pernah mendapat tugas membawa makanan dengan nama aneh yakni cadaver. Saat itu, dia belum tahu apa itu cadaver hingga akhirnya dia bertanya kepa kaka tingkatnya tentang nama makanan tersebut.

"Tapi waktu ospek itu aku disuruh bawa tugas yang makanan aneh-aneh gitu, maksudnya namanya aneh kaya susu beruang gitu. Nah waktu itu disuruh bawa makanannya cadaver. Bingung dong, apaan cadaver? Terus aku tanyalah ke mentor aku. Cadaver itu apaan kak? Terus dia bilang bawa rendang, karena cadaver itu mirip rendang," katanya.

"Terus aku kaya iya-iya aja kan, aku juga belum pernah ketemu gitu," ucap dia lagi.

Saat memasuki laboratorium untuk belajar anatomi di semester pertama, Vivin baru mengetahui bahwa cadaver adalah mayat.

"Terus pas ketemu itu kaya mikir kebayang sama itu kata kaka tingkat. Beneran mirip rending. Namun waktu praktikum aku gak mikirin rendang gitu, aku fokus belajar karena materinya susah," katanya.

Tak hanya Vivin, netizen lainnya yang juga dari kalangan mahasiswa kedokteran juga merasakan hal yang sama. Mereka turut membanjiri kolom komentara akun TikTok tersebut.

"Pertama kali praktik sama cadaver disuruh dosen pegang cadaver tanpa pakai handscoon...dan bau formalinnya ah mantap, 2 sampai 3 hari gak ilang," tulis netizen.

"99 persen mahasiswa kedokteran hafal ‘Human anatomy song’," tulis netizen lainnya.

"Relate bund padahal kedokteran gigi tapi waktu blok awal itu kedokteran dasar, bisa-bisanya gue pecinta bakso garis keras ga makan bakso 1 semester," tulis netizen.

Artikel ini sudah tayang di okezone.com dengan judul: Cerita Mahasiswi Kedokteran Tak Nafsu Makan Setelah Praktik Bedah Mayat

Editor : Tia Ayunita