Viral! Misteri Batu Raksasa yang Terbelah Sempurna di Arab Saudi Akhirnya Terungkap

Kevin Koopman
Jumat 08 Oktober 2021 15:57 WIB
Viral! Misteri Batu Raksasa yang Terbelah Sempurna di Arab Saudi Akhirnya Terungkap
Viral! Misteri Batu Raksasa yang Terbelah Sempurna di Arab Saudi Akhirnya Terungkap. (Foto: celebrities.id/mirror.co.uk)

ARAB SAUDI, Celebrities.id - Baru-baru ini beredar di media sosial, sebuah foto batu raksasa yang terbelah lurus sempurna di bagian tengah. Hal ini tentunya mengejutkan banyak pihak, serta mendorong para pengamat teori konspirasi untuk memecahkan misteri tersebut. 

Batu besar bernama 'Formasi Batuan Al Naslaa', terbuat dari batu pasir dan terletak di oasis Tayma, Barat Laut Arab Saudi. 

Batu tersebut berukuran tinggi 914 cm dan lebar 762 cm. Meskipun tidak memiliki ukiran yang menarik, tetapi belahan panjang dan lurus sempurna yang ada di tengahnya menjadi perhatian netizen. 

Batu Al Naslaa ini sering dibuat candaan terkait belahannya yang disebut sebagai ulah alien. 
Mereka beralasan karena belahannya sangat lurus dan mulus, hal ini menimbulkan spekulasi kalau Batu Al Naslaa hasil ulah alien yang sempat datang ke Bumi di masa lalu. 

Kelompok orang yang percaya dengan hal-hal supernatural berspekulasi bahwa belahan atau potongan tersebut bisa jadi ulah alien, dengan menggunakan laser yang diarahkan ke planet secara acak dan tidak sengaja memotong batu tersebut menjadi dua. 

Dilansir dari Mirror, Jumat (8/10/2021), menurut seorang ahli geologi bernama Cherry Lewis, mengatakan bahwa belahan itu merupakan fenomena alam yang kemungkinan disebabkan oleh pelapukan bahan beku yang mencair. 

Lewis yang juga seorang peneliti di University of Bristol mengungkapkan penjelasan ilmiah terbentuknya batu tersebut kepada MailOnline. 

“Belahan itu kemungkinan terbentuk dari proses yang disebut ‘freeze-thaw’ yang disebabkan dari air yang masuk ke dalam celah-celah kecil batu,” ujarnya.

Proses ini memungkinkan ketika suhu menurun, air menjadi beku dan mengembang yang akhirnya membuat pecahan kecil tersebut menjadi lebih lebar dan panjang. 

“Ketika es mencair, air akan masuk lebih dalam lagi dan lagi dan membuat pecahan lainnya,” katanya. 

Proses tersebut kemudian terjadi berulang-ulang kali selama ribuan atau jutaan tahun hingga batu itu benar-benar terbelah menjadi dua. 

“Proses ini ditambah dengan erosi angin yang di lingkungan gurun seperti banyaknya pasir, juga bisa menjadi alasan mengapa batu itu dapat berdiri sendiri seperti itu,” tuturnya.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi