Viral! Nasi Minyak dengan Kol Goreng, Ini Penjelasan Dokter Gizi

Icon CameraKevi Laras
Rabu 18 Januari 2023 17:37 WIB
Viral! Nasi Minyak dengan Kol Goreng, Ini Penjelasan Dokter Gizi
Nasi Minyak dengan Kol Goreng, Ini Penjelasan Dokter Gizi. (Foto:celebrities.id/ TikTok)

JAKARTA, celebrities.id - Belum lama ini masyarakat dihebohkan dengan nasi minyak yang tengah viral di sosial media. Makanan ini menjadi viral karena semua bahannya dicampur dengan minyak goreng. Bahkan sayur yang ada dalam makanan itu pun ikut digoreng.

Sayur yang viral tersebut adalah kol yang digoreng. Seperti diketahui, kol goreng memang banyak digemari masyarakat karena rasanya yang unik. Lantas, apakah kol goreng itu bernutrisi?

Menurut dr. Raissa Edwina Djuanda, M.Gizi, Sp.GK selaku Dokter Spesialis Gizi Klinik kol atau kubis memang mengandung nutrisi. Berikut rincian kandungan nutrisi, dilansir dari Healthline, Rabu (18/1/2023).

Kalori: 22
Protein: 1 g
Serat: 2g
Vitamin K: 56 persen dari Nilai Harian (DV)
Vitamin C: 36 persen dari DV
Folat: 10 persenĀ  dari DV
Vitamin B6: 6 persenĀ  dari DV
Kalsium: 3 persen dari DV
Kalium: 3 persen dari DV
Magnesium: 3 persenĀ  dari DV

Dokter Raissa Edwina menjelaskan bahwa kol yang digoreng akan menambah kalori. Bahkan jika dimasak terlalu lama, bisa mengurangi atau menghilangkan nutrisi ataupun vitamin yang terkandung dari kol.

"Kol sebenarnya ada gizi ya, tapi kalau digoreng lebih untuk menambah kalorinya. Dari makan tersebut, kalau dimasak berlebihan pun, sebenarnya bisa mengurangi kandungan mineral dan vitamin jadi lebih banyak yang hilang," kata dr. Raissa dalam Bincang-bincang terkait Mencegah Stunting di Jakarta, Rabu (18/1/2023)

Dia mengimbau agar masyarakat menggunakan bahan masakan sayur kol, sebaiknya tidak dimasak terlalu lama. Waktu yang ideal kurang dari tiga menit agar kandungan nutrisi tidak hilang.

Sebagaimana diketahui, manfaat dari kol menurut Healthline mengandung tinggi serat dan antioksidan. Antioksidan berfungsi sebagai perlindungan tubuh dari radikal bebas.

"Sehingga disarankan untuk memasak tidak lama-lama, cukup 2-3 menit saja ditumis, kalau kita masak lebih lama bisa mengurangi nutrisinya gitu," kata dr. Raissa.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Follow Berita Celebrities di Google News