3 Miliarder Thailand, Ada Berawal dari Pedagang Kaki Lima

Icon CameraTika Vidya Utami
Rabu 17 Mei 2023 18:33 WIB
3 Miliarder Thailand, Ada Berawal dari Pedagang Kaki Lima
Miliarder Thailand (Foto: Forbes)

JAKARTA, celebrities.id - Thailand, yang dikenal sebagai Negara Gajah Putih, memiliki sederet orang terkaya. Melansir Forbes, Dhanin Chearavanont menempati peringkat teratas sebagai miliarder Thailand

Sumber kekayaan yang dimiliki miliarder ini berasal dari usaha bidang makanan, minuman hingga energi. Berikut 3 miliarder Thailand.

Miliarder Thailand

Dhanin Chearavanont

Miliarder asal Thailand, Dhanin Chearavanont, mewarisi perusahaan keluarga Charoen Pokphand Group (CP Group). Dia menyelesaikan pendidikannya di Universitas Hong Kong, termasuk pelatihan dari National Defense College of Thailand, dan lulus pada 1956.

Gurita bisnis Chearavanont bermula dari usaha yang dijalankan ayahnya, Chia Ek Chor pada 1921. Saat itu sang ayah bersama saudaranya, Choncharoen Chiaravanont, mendirikan bisnis penjualan benih impor dari China ke petani Thailand, Chia Tai, di kawasan Pecinan, Bangkok.

Nama Charoen Pokphand baru digunakan pada 1953. Saat itu, kakak dari Dhanin mulai mengembangkan bisnis keluarganya ke sektor pakan ternak. Selama 48 tahun, Dhanin menjadi seorang chairman sekaligus CEO. 

Saat ini, Charoen Pokphand Group menjadi salah satu perusahaan swasta terbesar di Thailand yang mempunyai beberapa lini bisnis, seperti agribisnis, makanan, dan industri telekomunikasi. Melansir Forbes, kekayaan yang dimiliki Dhanin Chearavanont adalah 16,2 miliar dolar AS.

Charoen Sirivadhanabhakdi

Charoen Sirivadhanabhakdi merupakan miliarder yang sukses berkat mendirikan kerajaan minuman, Thai Beverage. Dia juga menjadi Ketua Konglomerat TCC Group dan Fraser and Neave Ltd. 

Kerajaan ritel Charoen mencakup jaringan hypermarket Big C Supercenter yang diakuisisi senilai lebih dari 6 miliar dolar AS pada 2016. Tak hanya itu, keluarga Charoen juga menjadi pengembang serta pemilik properti terbesar di Thailand.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.