Viral, Oknum Penyewaan Jip Paksa Wisatawan Naik Jip ke Petilasan Mbah Maridjan

Priyo Setyawan
Selasa 01 Juni 2021 13:31 WIB
Tur menggunakan jip di area Gunung Merapi, Yogyakarta. (Foto: celebrities.id/Ilustrasi)

SLEMAN, celebrities.id - Petilasan juru kunci Gunung Merapi Mbah Maridjan di Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta tersohor dan menjadi daya tarik pengunjung. Namun, ulah oknum penyewaan mobil jip di area tersebut diviralkan pengunjung gara-gara memaksa memakai jasanya.

Unggahan Iqbal Basyari (30), warga Klaten, Jawa Tengah menjadi ramai diperbincangkan. Dia mempertanyakan izin naik mobil pribadi ke petilasan almarhum Mbah Maridjan. Lantaran saat tiba di lokasi penyetopan di sekitar Ngrangkah, Umbulharjo, rombongannya diinstruksikan memakai mobil jip untuk menjelajah dusun yang berada paling tinggi di lereng Gunung Merapi.

"Lur, mau tanya. Apakah kalau mau ke Dukuh Kinahrejo, tempatnya Mbah Maridjan, gak boleh pakai mobil pribadi ya?" tulis Iqbal dikutip dari media sosial grup Facebook, Selasa (1/6/2021). 

Tak lupa, dia menceritakan pengalamannya saat disetop petugas/warga sekira 1,5 km sebelum masuk Kinahrejo. Mobil pribadi disarankan parkir di sana dan Iqbal merasa dipaksa untuk sewa mobil jip. Biaya sewa sekaligus tur sekira Rp350 ribu- Rp500 ribu.

"Itu pun bentuknya tur, bukan ngantar ke tempat yang mau saya tuju. Sekitar 20 menit, saya lihat jalanan boleh dilewati motor,  truk, dan jip," tulisnya lagi.

Otomatis, Iqbal mengkroscek ke petugas tentang apa yang dilihatnya. Petugas tetap ngotot kalau wisatawan wajib naik jip. Iqbal menduga, petugas melihat pelat mobilnya dari luar kota, sedangkan kendaran berplat AB (DI Yogyakarta) dibiarkan melintas. Merasa kesal, Iqbal memutuskan batal mengunjungi tempat Mbah Maridjan.

 

1
/
2