Viral! Petenis Rusia Rela Ganti Kewarganegaraan demi Ikut Wimbledon 2022

Fitradian Dhimas
Senin 20 Juni 2022 23:30 WIB
Viral! Petenis Rusia Rela Ganti Kewarganegaraan demi Ikut Wimbledon 2022
Petenis Rusia rela ganti kewarganegaraan demi ikut Wimbledon 2022. (Foto:celebrities/eurosport)

LONDON, celebrities.id - Gelaran Wimbledon sebagai ajang Grand Slam rupanya masih menarik minat sejumlah petenis untuk tampil. Salah satunya petenis Rusia yang mencari cara agar dapat bersaing di Wimbledon 2022.

Sebelumnya diberitakan bahwa Wimbledon 2022 akan digelar tanpa memberikan poin ranking. Hal itu menyusul keputusan pihak penyelenggara yang melarang pemain asal Rusia dan Belarusia untuk ikut tampil. Hal tersebut tentunya dikhawatirkan bakal menyurutkan partisipasi petenis dunia.

Apalagi bagi petenis yang mengejar poin ranking, walau Wimbledon masih berstatus Grand Slam. Namun, masih banyak yang memandang gengsi dari Wimbledon lebih besar ketimbang poin ranking. Termasuk petenis Rusia yang tak diperkenankan untuk tampil.

Melansir dari Eurosport, Senin (20/6/2022), hal itu tak menghalangi petenis Rusia, Natela Dzalamidze, untuk tampil. Dia sampai rela berganti kewarganegaraan. Dzalamidze akan tetap tampil di Wimbledon 2022. Hal itu setelah dia mendapatkan paspor Georgia dan bakal bermain dengan bendera negara tersebut bukan Rusia.

Dengan begitu, Dzalamidze akan tetap bisa bermain bersama pasangannya, Aleksandra Krunic asal Serbia. Keduanya akan tampil di nomor ganda putri yang dimulai pada tanggal 27 Juni mendatang. Sejak Rusia menginvasi Ukraina, Dzalamidze berganti menggunakan bendera netral.

Namun, hal tersebut tak lagi bisa dilakukan di Inggris, sebab mereka melarang warga negara Rusia dan Belarusia untuk masuk. Oleh sebab itu, kini Dzalamidze memiliki kewarganegaraan Georgia. Pihak Wimbledon sendiri dikabarkan tak bisa berbuat apa-apa, selama pergantian kewarganegaraan tak melanggar ketentuan.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra