Viral Presiden Sebut Covid-19 Bisa Musnah dengan Sinar Matahari, Ini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Senin 11 Oktober 2021 12:54 WIB
Viral Presiden Sebut Covid-19 Bisa Musnah dengan Sinar Matahari, Ini Faktanya
Viral Presiden Sebut Covid-19 Bisa Musnah dengan Sinar Matahari. (Foto: Setkab)

JAKARTA, celebrities.id - Kasus pandemi Covid-19 memang masih terus mendapatkan perhatian khusus. Pemerintah pun terus melakukan upaya yang terbaik, salah satunya dengan memberikan vaksin kepada masyarakat.

Selain dengan vaksin, konon virus Covid-19 ini bisa musnah dengan sinar matahari. Pernyataan yang dilontarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini tentunya menimbulkan tanda tanya besar di masyarakat. 

Melalui akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai, Senin (11/10/2021), Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i menjelaskan bahwa informasi tersebut tidak tepat atau biasa disebut hoax.

Menurutnya video tersebut adalah video lama dari pidato presiden pada Juli 2020. Namun video tersebut menjadi misinformasi karena disebarkan dengan konteks yang tidak relevan. Matahari bisa menginaktifasi virus di udara, namun tidak  bisa sepenuhnya mencegah penularan.

Pada Juli 2020, saat video diambil, memang ada press release penelitian di Amerika Serikat yang menyatakan bahwa virus SARS-CoV-2 tidak bertahan lama di permukaan tidak berpori bila terkena sinar matahari. Sehingga risiko penularan di lokasi outdoor lebih rendah dibandingkan dengan indoor.

Adapun hubungan antara sinar matahari dengan Covid-19 sudah banyak diteliti. Studi-studi tersebut menemukan beberapa fakta bahwa.

1.Sinar matahari bisa menginaktifasi virus dengan cepat di udara.

2.Sinar matahari juga membantu pembentukan vitamin D yang dibutuhkan sistem imun untuk bekerja secara optimal. Sehingga disarankan untuk berjemur dan terbukti risiko penularan di outdoor memang lebih rendah dibanding indoor.