Viral! Pria Idap Sindrom Treachers Collins di Sumut Nikahi Gadis Cantik, Ngaku Beruntung

Icon CameraHadits Abdillah
Minggu 02 Oktober 2022 20:07 WIB
Viral! Pria Idap Sindrom Treachers Collins di Sumut Nikahi Gadis Cantik, Ngaku Beruntung
Viral pria idap sindrome treachers collins. (Foto: celebrities.id/iNews)

ASAHAN, celebrities.id - Seorang pria asal Asahan, Sumatera Utara bernama Syarif Ali Surya manurung viral di TikTok. Sebab, dirinya yang mengidap sindrom treachers collins berhasil menikahi gadis cantik bernama Sasa (19).

Dalam video tersebut Syarif tampak menari bersama keluarganya yang mayoritas menderita sindrom treachers collins. 

Dia mengaku merasa beruntung karena selain viral kini dirinya pun semakin berbahagia karena telah menikah.

Lalu, apa Sindrom Treacher Collins yang diidap Surya? Yuk simak penjelasannya.

Dilansir dari berbagai sumber, sindrom treacher collins merupakan gangguan kesehatan langka yang disebabkan oleh kelainan genetik. Pengidapnya akan mengalami kelainan pada bagian kepala hingga wajah, mulai dari bentuk telinga, kelopak mata, tulang pipi, hingga tulang rahang. 

Sayangnya belum ada pengobatan yang bisa mengatasi kondisi ini, tetapi tindakan bedah atau operasi bisa menurunkan risiko komplikasi yang mungkin terjadi. Untuk itu, kenali lebih dalam mengenai sindrom ini agar kamu dapat melakukan perawatan hingga pencegahan yang tepat guna menurunkan risikonya. 

Sangat langka

Kurang dari 15 ribu kasus per tahun (Indonesia). Perawatan dapat membantu, namun penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Gejala berupa mata miring ke bawah, rahang dan dagu yang sangat kecil, gangguan pendengaran, dan gangguan penglihatan. Sebagian bayi mungkin dilahirkan dengan lubang di langit-langit mulut (cleft palate).

Perawatan biasanya difokuskan pada memperbaiki struktur wajah, dan dapat melibatkan operasi plastik, ortodontik, dan perawatan gigi.

 

1
/
2