Viral! Puluhan Anak di Jabar Keracunan Nitrogen Chiki Ngebul, Dinkes Bekasi Lakukan Pengawasan

Icon CameraJonathan Simanjuntak
Minggu 08 Januari 2023 17:39 WIB
Viral! Puluhan Anak di Jabar Keracunan Nitrogen Chiki Ngebul, Dinkes Bekasi Lakukan Pengawasan
Jajanan Chiki ngebul yang membuat anak-anak keracunan. (Foto: celebrities.id/Instagram @chikingebul)

BEKASI, celebrities.id - Viral puluhan anak di Jawa Barat keracunan jajanan chiki ngebul (Cikbul). Diduga cikbul tersebut mengandung nitrogen.

Terkait hal ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi memerintah fasilitas pelayanan kesehatan untuk melaporkan adanya temuan kasus keracunan cikbul. 

Perintah tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor: KS.02.02.00714/DINKES/2022 tentang Pelaporan Kasus Kedaruratan Medis dalam Penggunaan Nitrogen Cair pada Makanan.

"Sehubungan dengan adanya laporan KLB keracunan makanan akibat konsumsi jajanan cikbul, maka Dinkes Kabupaten Bekasi perlu melakukan fungsi pemantauan, evakuasi dan pemantauan," ucap Plt. Kepala Dinkes Kabupaten Bekasi Alamsyah dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/1/2023) 

Alamsyah menerangkan tindak lanjut tersebut juga dilakukan atas adanya temuan puluhan anak yang diduga keracunan akibat mengkonsumsi cikbul. Untuk pemantauan, fasilitas pelayanan kesehatan pun diminta untuk melaporkan tiap kejadian akibat cikbul.

“Kepada seluruh fasilitas pelayanan kesehatan se-Kabupaten Bekasi agar melaporkan jika ditemukan kasus keracunan pangan akibat cikbul,” tuturnya.

Adapun temuan kasus bisa dilaporkan melalui Tim Surveilans Dinkes Kabupaten Bekasi di nomor 085817417568 atas nama Andi Suhandi. Laporan juga bisa dilayangkan melalui Tim Kerja Pelayanan Rujukan Lain Dinkes Kabupaten Bekasi di nomor 0821116888973.

Sebelumnya, chiki ngebul yang mengandung nitrogen menelan korban di Jawa Barat. Total ada 28 anak mengalami keracunan akibat camilan tersebut.

Sebanyak 28 korban itu di antaranya, 24 anak di Tasikmalaya dan empat lainnya di Bekasi. Ada dua kasus parah dari kejadian luar biasa ini, bahkan salah seorang korban mengalami kerusakan usus akibat chiki ngebul yang dimakannya.
 

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News