Viral! Rentenir Tega Larang Jenazah Dimandikan Gegara Utang, Netizen: Semoga Dapat Hidayah

Intan Afika Nuur Aziizah
Rabu 27 April 2022 13:31 WIB
Viral! Rentenir Tega Larang Jenazah Dimandikan Gegara Utang, Netizen: Semoga Dapat Hidayah
Rentenir Tega Larang Jenazah Dimandikan Gegara Utang. (Foto: celebrities.id/Instagram: Ndorobei.Official)

JAKARTA, celebrities.id - Viral video seorang rentenir melarang jenazah dimandikan lantaran masih memiliki utang semasa hidupnya. 

Momen tersebut terekam dalam akun Facebook Arnida Putri Bungsu dan terjadi di daerah Makassar, Sulawesi Selatan.
 
Dalam video tersbeut terlihat, seorang perempuan paruh baya yang diduga rentenir menyambangi rumah duka. Dan kemudian ia secara tergas melarang jenazah dimandikan karena jenazah belum melunaskan utangnya.

Dan tentu kejadian ini sangat miris, pasalnya  jenazah almarhum belum dimandikan, apalagi dikebumikan oleh pihak keluarga.

Sejumlah ibu-ibu yang sedang menyiapkan pemandian jenazah pun berhenti seketika. Salah satu anggota keluarga, yakni ponakan mendiang akhirnya emosi dan melampiaskan amarahnya kepada wanita tersebut. 

Sambil menunjuk-nunjuk wajah sang rentenir, ia menyebutnya tak punya hati sebagai sesama manusia.

"Uang itu tidak dibawa mati. Apalagi yang meninggal adalah keluargamu. Dimana hati nuranimu," ujar pria tersebut dalam bahasa Makassar, dikutip Rabu (27/4/2022).

Sementara salah satu anggota keluarga lain tampak menenangkan sang ponakan. Ada pula kerabat lain yang memberikan sejumlah uang kepada sang rentenir. 

Video itu kemudian viral usai diunggah ulang oleh akun Instagram @ndorobei.official. Dalam keterangan dikatakan, sang rentenir sebenarnya tak memiliki bukti soal utang tersebut.

Unggahan itu langsung dibanjiri beragam reaksi warganet. Banyak yang menyayangkan aksi sang rentenir tersebut, bahkan mendoakan hal-hal buruk kepadanya.

"Biarin aja ntar dia juga dia mati gak ada yang mandiin sama susah masuk liang kuburnya," tulis rend**.

"Judul nya azab seorang rentenir," tulis dhe**.

"Rentenirnya suruh bareng jenazahnya aja mandinya trs skalian di simpen di tanah bareng-bareng di sana biar ngobrol baik baik," tulis guyo**.

"Innalillahi, orang lagi kena musibah dibikin sulit kaya gitu.. Semoga si rentenir dapat hidayah," tulis ovit**.

"Masyaallah, kalaupun ada hutang kan bisa dibicarakan baik2 sama ahli waris nya, enggak harus gini juga caranya," tulis rend**.

Editor : Imantoko Kurniadi