Viral Seorang Wanita Mencuri Coklat di Minimarket Diduga Klepto, Apa Itu?

Kevi Laras
Selasa 16 Agustus 2022 21:33 WIB
Viral Seorang Wanita Mencuri Coklat di Minimarket Diduga Klepto, Apa Itu?
Viral Ibu pakai mobil Mercy curi Coklat di minimarket. (Foto: iNews)

JAKARTA, celebrities.id - Belum lama ini viral sebuah video di sosial media, seorang perempuan ketahuan mencuri coklat di sebuah minimarket. Melihat tindakannya tersebut banyak netizen menilai pelaku mengalami kelainan jiwa yaitu kleptomania atau sering disebut klepto.

Lantas apa itu klepto? Berikut penjelasannya. Menurut dokter kejiwaan dr Andri jika klepto merupakan gangguan kejiwaan. 

Tindakan yang hobi mengambil barang-barang tertentu untuk dikumpulkan, alias umumnya tidak berdasarkan kebutuhannya. "Kalau kita berbicara soal klepto atau kleptomania atau suatu suatu klepto gangguan psikiatrik atau gangguan kejiwaan yang masuk dalam gangguan pengendalian impuls," ujar  dr. Andri, Sp.KJ, FAPM, Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa dalam kanal YouTube pribadinya, dikutip Selasa (16/8/2022)

"Di mana orang tersebut biasanya ada dorongan yang sangat kuat untuk mengambil sesuatu barang tanpa diketahui orang atau mengutil sesuatu yang dia enggak perlu kan atau bahkan sendirinya bisa beli barang itu," katanya lagi.

Lebih  lanjut, dia mengatakan bahwa seseorang mengidap klepto akan mengulangi kebiasaan tersebut. Meski sudah meminta maaf, hobinya yang mengutil kerap dilakukan untuk mengambil sesuatu yang mungkin saja tidak dibutuhkan dan dia bisa beli sebenarnya.

"Biasanya pasien atau orang mengalami gejala ini akan mengalami suatu penyesalan. Sehingga tidak heran barang-barang yang didapatkan dari hasil mengutil tersebut bisa didonasikan atau dibayar atau dikembalikan," ucapnya.

Tetapi seseorang mengidap kleptomania akan kembali mengutil dan tidak bisa seperti yang diharapkan berhenti. Ternyata dia akan mengulang kebiasaan itu secara terus-terusan.

"Orang yang mengalami Klepto lebih banyak pada perempuan, dibandingkan pria katanya. Andri juga menambahkan si pelaku mengutil akan menyesal dan perilakunya yang mengutil jika berhasil, dia akan merasa senang," ucap dr Andri.

Di mana orang klepto melakukan perilaku mengambil barang atau makanan, karena didorong rasa keinginan yang lebih. "Nah populasi yang mengalami gejala-gejala ini, sebesar 0,5% di Amerika Serikat dan lebih banyak 3 kali lipat dialami pada perempuan daripada laki-laki," tuturnya.

Editor : Hadits Abdillah