Virus PMK Serang Hewan Ternak, Produksi Susu di Bandung Turun Drastis

Agung Bakti Sarasa
Jumat 16 September 2022 13:29 WIB
Virus PMK Serang Hewan Ternak, Produksi Susu di Bandung Turun Drastis
Produksi susu di Jawa Barat menurun, gegara virus PMK. (Foto: Freepik)

BANDUNG, celebrities.id - Wabah penyakit kuku dan mulut (PMK) hewan ternak yang belum usai di Jabar mengakibatkan penurunan produksi susu hingga 40 ton per hari. 

Kepala Dinas Ketahanan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jabar, Arifin Soendjajana mengungkapkan, dalam kondisi normal, produksi susu di Jabar mencapai 360 ton per hari. Namun kini, produksi susu maksimal hanya 300 ton per hari. 

Pihaknya mengklaim bahwa upaya pemulihan dampak PMK hingga kini terus dilakukan. Namun, kata Arifin, pihaknya belum menemukan solusi untuk mengatasi turunnya produksi susu. 

"Walaupun sudah ada penyembuhan, sudah ada recovery, produksi susu kita tetap turun sekitar 40 ton per hari dari produksi satu hari itu (normal) di angka 340 ton," ucap Arifin Soendjajana, Jumat (16/9/2022). 

Disinggung upaya pemulihan yang terus dilakukan, Arifin menjelaskan, salah satunya terus melakukan vaksinasi pada sapi perah milik produsen susu. 

"Hanya saja ini butuh waktu. Kita terus lakukan recovery-nya dengan melakukan penambahan vitamin, obat, sehingga produksi dari sapi perah ini juga bisa segera pulih," ujarnya. 

Adapun dosis vaksin PMK yang telah disalurkan, Arifin memastikan bahwa pihaknya terus melakukan vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua, agar produksi susu segera kembali normal. 

"Capaian vaksin anti-PMK di Jabar untuk dosis 1 dan 2 sudah mencapai 160.170 dosis," ujarnya. 

 

1
/
2