VW Kembangkan Mesin Diesel Ramah Lingkungan, Klaim Mampu Turunkan Emisi 95 Persen

Rio Chandra Putra Pratama
Kamis 30 Desember 2021 22:07 WIB
VW Kembangkan Mesin Diesel Ramah Lingkungan, Klaim Mampu Turunkan Emisi 95 Persen
Volkswagen kembangkan mesin diesel ramah lingkungan. (Foto: Autoindustriya)

JAKARTA, celebrities.id - Volkswagen (VW) mengembangkan mesin diesel ramah lingkungan. Mesin diesel menggunakan formula dan jenis bahan bakar baru yang diklaim lebih ramah lingkungan. Hasilnya emisi bisa ditekan hingga 95 persen.

Era mesin diesel sepertinya bakal segera habis seiring dengan munculnya tren mobil listrik. Tapi hal itu sepertinya tidak berlaku bagi Volkswagen. Merek mobil asal Jerman itu masih setia dengan mesin konvensional pembakaran dan terus ingin mengembangkan teknologinya.

Dilansir dari Autoindustriya, Kamis (30/12/2021). Volkswagen mengumumkan jika mesin diesel empat silinder generasi baru mereka lebih bersih dari sebelumnya. Mesin diesel ini semakin ramah lingkungan berkat penggunaan bahan bakar parafin.

Sekadar informasi, parafin adalah bahan bakar diesel yang baru dikembangkan dan mengandung bio-komponen. Bahan bakar ini dihasilkan dari residu biologis dan bahan limbah seperti HVO (Hydrotreated Vegetable Oil). Di Eropa, bahan bakar ini sudah tersedia di pasar dan akan memberikan konsumen alternatif mobilitas ramah lingkungan.

Menurut Volkswagen, penggunaan bahan bakar parafin akan memberikan penurunan emisi karbon antara 70 hingga 95 persen pada mesin diesel dibandingkan mesin diesel konvensional.

Model-model Volkswagen produksi terbaru yang akan mendapatkan mesin diesel anyar ini antara lain Tiguan TDI dan Golf generasi kedelapan dalam trim GTD.

"Melalui penggunaan bahan bakar ramah lingkungan pada model Volkswagen yang disetujui, kami memungkinkan pelanggan di seluruh Eropa untuk secara signifikan mengurangi emisi CO2 mereka, segera setelah bahan bakar tersedia secara lokal,” kata Kepala Bahan Bakar Bensin dan Diesel di Volkswagen, Thomas Garbe.

“Penggunaan bahan bakar parafin akan menjadi opsi tambahan, terutama untuk perusahaan dengan armada campuran, yang terdiri dari model dengan penggerak listrik dan konvensional," ucapnya lagi.

Editor : Hadits Abdillah