Wabah PMK Merebak di Indonesia, Wagub Jawa Timur Emil Dardak: Masyarakat Jangan Khawatir!

Lukman Hakim
Sabtu 02 Juli 2022 09:44 WIB
Wabah PMK Merebak di Indonesia, Wagub Jawa Timur Emil Dardak: Masyarakat Jangan Khawatir!
Wabah PMK merebak di Indonesia, Wagub Jawa Timur Emil Dardak minta masyarakat jangan khawatir. (Foto: MNC)

SURABAYA, celebrities.id - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak memastikan hewan ternak yang siap dijadikan sebagai hewan kurban kondisinya sesuai dengan standar kelayakan. Untuk itu, diharapkan masyarakat tidap perlu khawatir untuk berkurban. 

"Seluruh hewan kurban telah diawasi secara ketat dan dijamin kelayakannya untuk dijadikan sebagai hewan kurban. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir. Sudah ada fatwa dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) yang memperbolehkan," kata Emil Dardak, Sabtu (2/6/2022). 

Dalam fatwa MUI Nomor 32 Tahun 2022 Tentang Hukum dan Panduan Pelaksanaan Ibadah Kurban saat Kondisi Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menyebutkan, hewan ternak yang terpapar PMK diperbolehkan untuk kurban dengan beberapa syarat.

Pertama, hewan yang terkena PMK dengan gejala klinis kategori ringan, seperti lepuh ringan pada celah kuku, kondisi lesu, tidak nafsu makan, dan keluar air liur lebih dari biasanya hukumnya sah dijadikan hewan kurban.

Kedua, hewan yang terkena PMK dengan gejala klinis kategori berat seperti lepuh pada kuku hingga terlepas dan/atau menyebabkan pincang/tidak bisa berjalan serta menyebabkan sangat kurus hukumnya tidak sah dijadikan hewan kurban.

 

1
/
2