Wabah PMK Serang Ternak di Garut, 381 Sapi dan 16 Domba Terkonfirmasi Positif

Fani Ferdiansyah
Kamis 12 Mei 2022 21:52 WIB
Wabah PMK Serang Ternak di Garut, 381 Sapi dan 16 Domba Terkonfirmasi Positif
Wabah PMK Serang Ternak di Garut, 381 Sapi dan 16 Domba Terkonfirmasi Positif. (Foto:celebrities.id/Freepik)

GARUT, celebrities.id - Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak dilaporkan terjadi di wilayah Garut, Jawa Barat. Berdasarkan pemeriksaan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut, ratusan ekor hewan ternak seperti sapi dan domba dinyatakan positif terpapar wabah PMK.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut Sofyan Yani menyebut hewan yang positif terserang penyakit ini terdiri dari 381 ekor sapi dan 16 ekor domba.

“Awalnya 173 di empat kecamatan. Sampai sekarang perkembangannya meningkat dari populasi di lokasi terdampak, yakni 530 terinfeksi, 381 positif. Selain sapi ada domba. Yang domba ada sembilan ekor di Kecamatan Leles, tujuh di Kecamatan Cisurupan,” kata Sofyan, Kamis (12/5/2022).

Dari 381 sapi yang terserang PMK, 331 ekor di antaranya adalah jenis sapi potong, sementara sisanya yang berjumlah 50 merupakan sapi perah.

“Semua positif PMK, semua sudah uji lab, kami tidak bisa menentukan wabah tanpa hasil uji lab,”  ujarnya.

Hewan-hewan yang terserang PMK ini tersebar di sejumlah kecamatan, seperti Kecamatan Leles, Garut Kota, Cisurupan, Cikajang, Banyuresmi, Wanaraja, Karangpawitan, dan Cilawu. Seluruh hewan yang terserang penyakit tersebut memiliki ciri-ciri yang sama, yakni mulai mulut berair liur, kuku kakinya melepuh dan berdarah, serta puting susu yang berdarah.

 

1
/
2
Topik Terkait