Wabah Salmonella di Tepung Melanda Amerika, Ini Gejala dan Cara Pencegahannya

Icon CameraMuhammad Sukardi
Sabtu 01 April 2023 15:50 WIB
Wabah Salmonella di Tepung Melanda Amerika, Ini Gejala dan Cara Pencegahannya
Waspada wabah salmonella di tepung. (Foto: Boldsky)

AMERIKA, celebrities.id - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengeluarkan laporan terkini soal wabah Salmonella di tepung

Dari catatan mereka, kasus ini masih dalam proses investigasi lebih lanjut. Tepung terkontaminasi Salmonella telah memakan korban sakit sebanyak 12 orang, 3 orang kini sedang dirawat inap secara intensif. Peringatan kewaspadaan pun dikeluarkan CDC.

"Penyelidik sedang bekerja untuk mengidentifikasi merek tepung tertentu yang terkait dengan wabah ini. Namun, tepung mentah (belum dipanggang) apa pun bisa mengandung kuman seperti Salmonella," tulis CDC dalam laman resminya, Sabtu (1/4/2023).

"Jangan makan atau bermain dengan tepung, adonan, atau adonan mentah," tulis peringatan CDC terkait mewabahnya kasus Salmonella di tepung mentah yang dikeluarkan pada 30 Maret 2023.

Seperti dijelaskan di atas bahwa tepung mentah atau adonan belum digoreng atau dipanggang itu berisiko mengandung kuman, termasuk Salmonella. Tapi, Salmonella akan mati kalau adonan tepung dipanggang atau digoreng.

Sumber wabah sendiri diidentifikasi sejauh ini datang dari konsumsi adonan mentah atau adonan terbuat dari tepung. Karena itu, sangat dianjurkan untuk tidak makan adonan mentah berbahan dasar tepung. Ini mengartikan bahwa masak adonan tepung mesti benar-benar matang.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.