Wanita Harus Waspada, Ini Gejala-Gejala Kanker Ovarium 

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Senin 31 Mei 2021 09:25 WIB
Waspada kanker ovarium intai wanita. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Wanita waspadalah akan bahaya yang mengintai Anda. Mulailaih peduli akan kesehatan diri, salah satunya untuk mencegah kanker ovarium.

Minimnya informasi dan pengetahuan masyarakat mengenai kanker ovarium menjadi salah satu penyebab utama penyakit ini merenggut banyak jiwa. Penyakit ini menyumbang angka kematian nomor delapan akibat kanker pada perempuan di seluruh dunia.

Ketua Himpunan Onkologi dan Ginekologi Indonesia (HOGI), Prof. Dr. dr. Andrijono, Sp.OG(K) mengatakan kanker ovarium menyumbang angka kematian ketiga di Indonesia. Oleh sebab itu, mengenal faktor risko dan deteksi dini kanker ovarium bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah penyakit ini.

“Gejala ovarium seringkali disalahartikan dengan gejala penyakit lain, sehingga sering luput dari perhatian dan baru ditemukan ketika telah mencapai stadium lanjut. Padahal jika dideteksi lebih awal, maka kanker ovarium dapat ditangani,” ujar dr. Andrijono, dalam siaran pers ‘Kampanye 10 Jari – Deteksi Faktor Risiko dan Gejala Kanker Ovarium’, beberapa waktu lalu.

 

1
/
2