Wanita Ini Ngaku Cuma Lulusan SD dan Punya Utang Ratusan Juta, Kini Jadi Crazy Rich Surabaya

Ihya Ulumuddin
Sabtu 22 Januari 2022 15:20 WIB
Wanita Ini Ngaku Cuma Lulusan SD dan Punya Utang Ratusan Juta, Kini Jadi Crazy Rich Surabaya
Delta Hesti Candrapratiwi dan suaminya dikenal sebagai salah satu Crazy Rich Surabaya. (Celebrities/Instagram)

JAKARTA, celebrities.id - Delta Hesti Candrapratiwi dan suaminya dikenal sebagai salah satu Crazy Rich Surabaya. Namun, banyak yang belum tahu kalau istri Tom Liwafa ini berasal dari keluarga miskin. 

Tapi hal ini tidak menyurutkan niatnya untuk bisa mengubah nasib. Delta Hesti Candrapratiwi sukses menjalankan bisnis onlinenya di bisang fashion garmen hingga menjadi seorang miliarder.

Melalui brand handmadeshoesby dan delvationstore, Delta dan suaminya mampu memproduksi aneka vashion seperti pakaian wanita, tas, sepatu dan lainnya hingga 8.000 buah per hari. Dia juga memiliki karyawan lebih dari 1.500 orang di berbagai bidang usaha. 

Delta tidak pernah menyangka bakal sesukses saat ini. Apalagi dia juga hanya lulusan SD. Sementara kedua orangtuanya juga miskin dan kerap kekurangan.

Saking miskinnya, sang ibu pernah merantau ke Manado untuk menjadi pembantu rumah tangga. Sedangkan sang ayah pergi ke Papua untuk menjadi buruh tambang tradisional.

"Ayah saya dulu pemabuk dan penjudi, sehingga utangnya banyak, ratusan juta. Setiap hari bertengkar sama ibu. Maka tahun 2010 itu mereka merantau. Ibu ke Manado sama adik dan ayah ke Papua. Saya sendirian di Surabaya," katanya di sebuah kanal Youtube.

Bukan tanpa alasan Delta memilih tetap bertahan di Surabaya. Sebab, dia punya mimpi bisa bekerja dan sukses, lalu melunasi semua utang orang tuanya.

"Waktu itu saya sudah berpacaran dengan suami saya. Alhamdulillah suami memotivasi 100 persen. Kebetulan kami ini satu visi," katanya. 

Berawal dari dagangan stiker sang pacar, Delta berpikir untuk ikut berbinis.

"Saat itu Mas Tom (pacar) mendorong saya untuk buka online shop. Awalnya lewat FB (Facebook) dan BBM. Waktu itu jualan vlanel dan barang-barang second hand," katanya.

Di awal usaha itu, Delta mulai menemukan jalan. Hanya saja, sedikit lambat. Pasalnya, jenis produk yang dijual terbatas, sehingga tidak dipesan ulang. Selain itu barang sering kosong.

 

1
/
3