Waspada! 5 Penyakit Ini Sering Muncul saat Musim Hujan, Demam Berdarah hingga Diare

Novie Fauziah
Jumat 23 September 2022 09:00 WIB
Waspada! 5 Penyakit Ini Sering Muncul saat Musim Hujan, Demam Berdarah hingga Diare
Salah satu penyakit yang suka terjadi saat musim hujan adalah diare. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Cuaca hujan kini cenderung terjadi pada sore hari. Bahkan, intensitasnya pun cukup lama. 

Jika sudah seperti itu, tak ada cara lain untuk kita menjadi kondisi agar tetap fit. Hal itu karena dikhawatirkan berbagai penyakit akan mengincar Anda. Mulai dari yang ringan sampai terberat.

Bahkan dianjurkan pula untuk memperkuat imunitas dengan cara menjaga pola makan, hingga mengonsumsi vitamin atau suplemen yang bisa menebalkan daya tahan tubuh Anda saat musim hujan tiba.

Dilansir laman Times of India, Jumat (23/9/2022), selain flu ini lima penyakit yang perlu Anda hindari ketika musim hujan tiba:

1. Demam berdarah

Tak jarang saat kusim hujab tiba beberapa orang terkena demam berdarah, diakibatkan oleh gigitan jenis nyamuk macan. Gejalanya antara lain demam tinggi, jumlah trombosit rendah, ruam, hingga hipersensitivitas. 

Oleh karenanya menyediakan obat anti nyamuk, pakaian hangat yang tebal, khususnya kebersihan lingkungan di sekitar rumah Anda.

2. Chikungunya

Chikungunya sebagian besar disebabkan oleh nyamuk yang berasal dari genangan air yang ditemukan di AC, pendingin, tanaman, peralatan, hingga pipa air.

Nyamuk ini bisa menggigit Anda tidak hanya di malam hari tapi juga di siang hari. Nyeri sendi dan demam adalah dua gejala chikungunya yang paling umum. Membersihkan permukaan atau wadah dengan air yang tergenang dan menggunakan obat nyamuk adalah cara terbaik untuk mencegah chikungunya.

 

1
/
2