Waspada Gejala Covid-19 Bisa Bertahan Berbulan-bulan, Picu Terjadinya Long Covid

Kevi Laras
Kamis 12 Mei 2022 18:38 WIB
Waspada Gejala Covid-19 Bisa Bertahan Berbulan-bulan, Picu Terjadinya Long Covid
Waspada gejala Covid-19 bisa bertahan berbulan-bulan, picu terjadinya Long Covid. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Dunia sedang disibukkan dengan Covid-19 dan Hepatitis akut pada anak. Melihat perkembangannya, Covid-19 ternyata bisa berpotensi menyebabkan seseorang mengidap long Covid-19.

Dalam kasus infeksi ringan hingga sedang akibat Covid-19, dapat berlangsung selama sekitar satu hingga dua minggu. Kondisi yang parah bisa menyebabkan pemulihan menjadi lebih lambat. Bahkan gejala bisa bertahan hingga enam minggu atau lebih.

Melansir dari Times of India, Kamis (12/5/2022), salah satu studi pada 2021 yang diterbitkan di Lancet menemukan bahwa lebih dari tiga perempat pasien Covid-19 di sebuah rumah sakit di Wuhan, China, masih memiliki setidaknya satu gejala, selama enam bulan setelah pemulihan.

Sementara di Italia pada 2020 menemukan bahwa 87,4 persen pasien Covid-19 dilaporkan mengalami setidaknya, satu gejala selama dua bulan setelah mereka keluar dari rumah sakit. Berikut gejala-gejala umum yang masih dirasakan para pasien pasca sembuh Covid-19.

1. Kelelahan

Kelelahan merupakan gejala umum terkait dengan infeksi virus termasuk Covid-19. Meskipun dapat menetap setelah dua hingga tiga minggu.

2. Batuk dan Nyeri Dada

Kebanyakan pasien ditemukan batuk kering datang dan pergi, dalam waktu sekitar dua hingga tiga minggu. Namun, batuk yang berlebihan bisa menyebabkan iritasi dan peradangan saluran napas, memperburuk gejala dan bertahan selama berhari-hari menjadi parah jika disertai dengan nyeri dada.

3. Sesak Napas pada Pasien Berat

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), ada beberapa orang ditemukan memiliki gejala sesak nafas pada mereka yang terinfeksi berat Covid-19, seperti mengalami efek multiorgan atau kondisi autoimun dengan gejala yang berlangsung berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah penyakit Covid-19.

 

1
/
2